Liburan Ala 'Staycation' Cuma di Hotel? Ini Serunya!

By , Rabu, 19 April 2017 | 07:15 WIB
Ada tiga jenis hotel yang paling diminati wisatawan Indonesia (Nova)

Beda pasangan, beda pula gaya berliburnya. Hal ini tak lepas dari persepsi tiap orang untuk memaknai kegiatan libur sebagai pelepas penat.

Ada yang ingin mengisinya dengan mengunjungi lokasi-lokasi menarik meski membutuhkan bujet dan waktu khusus. Ada juga yang lebih fleksibel karena menganggap berlibur bisa dimana saja dan kapan saja.

Jika Anda ingin berganti suasana dari rutinitas sehari-hari sekaligus menghabiskan waktu berkualitas dengan keluarga di akhir pekan, tentu ada begitu banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi.

Baca: Sisa Cuti Habis? Liburan Murah Ala One Day Trip Saja...

Namun, bagaimana jika cuti sudah habis atau keuangan tak mendukung? Belum lagi terbayang rasa letih berjam-jam di jalan mengendarai kendaraan. Hm, sebenarnya Anda masih bisa, kok, liburan tanpa perlu menguras tenaga. Liburan di hotel jawabannya.

Terutama bagi Anda yang tinggal di kota besar. Beragam pilihan kelas hotel dengan fasilitas yang lengkap tetap mampu membuat agenda berlibur keluarga tak kalah berkesan dibanding ke luar kota.

Baca: Hotel Terbaik di Dunia Ada di Sumba Barat! Ini Dia 5 Kelebihannya

Memang apa keuntungan liburan hanya di hotel tanpa ada rencana perjalanan?

Baca: 7 Pertimbangan dalam Memilih Hotel Saat Liburan Bersama Anak

Tips menghabiskan waktu liburan di hotel:

Baca: 3 Jenis Hotel Paling Dicari di Indonesia

Cara Pintar Cari Hotel

Seringlah membuka situs-situs internet yang menampilkan berbagai hotel di seluruh lokasi beserta harga, fasilitas, dan review dari pelanggan. Cari hotel dengan harga miring namun review-nya bagus. Hal tersebut bisa membantu kita mengetahui apakah hotel tersebut pantas untuk kita jadikan destinasi liburan singkat keluarga atau tidak.

Jika Anda sedang berjalan-jalan atau pergi mengunjungi suatu daerah, coba datangi dan perhatikan penginapan-penginapan yang menarik sehingga saat Anda ingin berlibur ke daerah tersebut, Anda tahu lokasi dan letak penginapannya.

Baca: 10 Tips Liburan Nyaman Bersama Keluarga

Sebelum mem-booking kamar hotel, pahami fasilitas yang disediakan lalu bandingkan dengan harganya, apakah cukup menarik atau tidak. Lihat juga apa yang ada di lokasi sekitar hotel, agar jika Anda benar-benar suntuk dengan suasana dalam hotel, Anda tahu harus kemana.

Sebisa mungkin pilihlah hotel yang nyaman untuk Anda dan keluarga menginap, jangan sampai menyesal karena hanya tergiur harganya yang cukup murah namun liburan Anda jadi tidak menyenangkan.

Rizky Aulia D/NOVA