Penting! Antisipasi Awal Hadapi Risiko PHK di Kantor

By nova.id, Senin, 15 Mei 2017 | 05:45 WIB
Penting! Antisipasi Awal Hadapi Risiko PHK di Kantor (nova.id)

Zaman semakin canggih tak menjamin tingkat kebutuhan akan sumber daya manusia semakin tinggi. Justru sudah banyak perusahaan yang memercayakan sebagian tugas pekerjaannya dilakukan oleh mesin yang artinya menggantikan posisi Anda sebagai pekerja.

Hal ini belum diperburuk dengan kondisi perekonomian yang menyebabkan perusahaan menghadapi resesi sehingga melakukan efisien berupa pengurangan karyawan.

Oleh karena itu, Anda harus selalu siap untuk menghadapi hal paling buruk yang akan terjadi. Bukan bermaksud untuk menakuti, tetapi hal ini justru untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang bisa terjadi.

Vicki Salemi, seorang pakar dalam bidang karier mengatakan, tidak ada yang salah dengan berhati-hati sebelum terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Walaupun Anda termasuk dalam golongan yang “aman”, tetapi Anda tidak pernah tahu tentang keputusan manajemen.

Baca: 5 Cara Antisipasi Keuangan Jika Terkena PHK

Perbaharui resume Anda Banyak orang yang tidak memperbaharui resume karena dirasa belum perlu. Namun, hal ini sangat baik dilakukan untuk mengantisipasi hal terburuk yang akan terjadi.

Perluas Jaringan Anda Tidak pernah salah untuk selalu memperluas jaringan bisnis Anda. Mungkin saja Anda tidak sengaja bertemu dengan teman sekolah atau pun rekan kerja di kantor yang sebelumnya.

Baca: Reaksi yang Umum Terjadi Saat Mengalami PHK

Beberapa media sosial berbasis bisnis seperti LinkedIn atau media sosial lainnya juga bisa memberikan Anda kesempatan mendapatkan pekerjaan baru yang lebih baik. Oleh karena itu, selalu perbaharui profil media sosial Anda dan perluas jaringan bisnis.

Baca: Peran Istri Jika Suami Terkena PHK

Ketahui nilai Anda Untuk menghadapi PHK, Anda harus mengetahui nilai Anda. Anda bisa mencari tahu kisaran gaji di posisi Anda saat ini kepada rekan-rekan kerja sebelumnya. Anda tidak perlu tahu nominal persisnya, hanya kisaran yang sebaiknya Anda dapatkan untuk posisi saat ini.

Terakhir, kalau Anda mengalami PHK, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menarik nafas panjang dan berpikir positif.

Anda tidak pernah tahu hal besar apa yang akan menanti, jadi jangan berkecil hati, coba terima keadaan yang ada dan segera melangkah menuju masa depan yang lebih cerah lagi.

Agustina/KompasFemale Sumber: Glamour