9 Bahan Alami untuk Hilangkan Bekas Cacar Air

By nova.id, Jumat, 4 November 2016 | 02:30 WIB
Menghilangkan bekas cacar air dengan cara alami (nova.id)

Cacar air dapat menyerang siapa saja, anak-anak, orang tua, remaja, dan semua orang yang tidak mendapatkan vaksin cacar. Penyakit ini disebabkan oleh varicella-zoster virus (VZV), yang menimbulkan rasa gatal, demam, muncul ruam, dan lelah.

Ruam bisa muncul pertama kali di perut, punggung dan muka, lalu menyebar pada seluruh tubuh. Cacar air bisa menjadi penyakit yang serius bagi bayi dan orang dengan imunitas tubuh yang lemah, dan cara menghindari cacar air ini adalah dengan mendapatkan vaksin cacar air.

Penyakit ini memang bisa disembuhkan, namun yang menyebalkan bagi orang yang baru sembuh dari cacar adalah bekas dari cacar air tersebut. Bekas ini akan sulit dihilangkan bagi orang yang memiliki kulit sensitif. Anda bisa menghilangkannya dengan teknik dermabrasi dan laser. Namun, adakah cara alaminya?

Bagaimana cara menghilangkan bekas cacar air dengan bahan alami?

Berikut ini bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mencoba menghilangkan bekas cacar seperti yang dilansir dari HelloSehat:

1. Oatmeal

Anda pasti sudah tahu bahwa oatmel baik dikonsumsi untuk kesehatan. Namun, selain memberikan manfaat di dalam tubuh, oatmeal juga bisa memberikan manfaat untuk kulit.

Baca: 7 Penyebab Timbulnya Kantung Mata dan Cara Efektif Menghilangkannya

Oatmeal direkomendasikan untuk kulit sensitif, alergi, dan kulit yang rentan eksim, sebab dipercaya dapat melembabkan kulit. Kandungan antiperadangan dan antioksidannya dapat membantu penyembuhan masalah kulit. Cara menggunakannya:

2. Baking soda

Baking soda adalah natrium bikarbonat, memiliki fungsi sebagai antibakteri, antijamur, antiseptik, dan antiperadangan. Baking soda juga dipercaya dapat menyembuhkan jerawat. Cara menggunakannya:

Baca: Agar Tak Digigit Nyamuk, Pakai Bahan Alami Pengganti Losion Anti Nyamuk Ini

3. Air kelapa

Anda juga bisa menggunakan air kelapa sebagai ramuan alternatif. Mineral dan vitamin yang terkandung di dalamnya dapat membuat kulit menjadi lebih sehat. Selain itu, air kelapa juga bisa membantu detoksifikasi tubuh. Cara menggunakannya:

Baca: Bersihkan ‘Daki’ Saat Luluran dengan Campuran 7 Bahan Alami Ini

4. Madu

Madu adalah antibakteri dan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit. Madu dapat menyembuhkan bekas luka pada kulit Anda, membentuk sel yang sehat, dan memperbaiki kondisi kulit. Cara menggunakannya:

Baca: Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaat Kulit Telur untuk Kecantikan!

5. Pepaya

Buah ini baik untuk pencernaan, selain itu juga baik untuk menghilangkan bekas luka. Pepaya juga bisa menghidrasi kulit dan mengangkat sel kulit mati. Untuk menghilangkan bekas cacar, cara menggunakannya:

Baca: Mengejutkan, 4 Bahan Alami ini Ampuh Hilangkan Selulit

6. Aloe vera (lidah buaya)

Aloe vera alias lidah buaya dapat menghidrasi dan melembabkan kulit. Kandungan asam amino dan antioksidannya dapat menyembuhkan kulit. Tidak heran lidah buaya juga sering digunakan pada kulit dan rambut. Cara menggunakannya:

Baca: Brokoli, 1 dari 10 Makanan yang Bikin Awet Muda

7. Sari lemon

Lemon kaya akan vitamin C, yang merupakan antioksidan. Vitamin C baik untuk kesehatan tubuh dan kulit, sekaligus bisa memulihkan kulit yang rusak. Cara menggunakannya:

Baca: Ini Alasan Anda Harus Minum Air Lemon Hangat Setiap Pagi!

8. Minyak kelapa

Tidak hanya air kelapa yang memiliki manfaat untuk kesehatan kulit dan tubuh, Anda pasti sudah tidak asing lagi mendengar manfaat dari minyak kelapa. Kandungan asam lemaknya dapat memperbaiki kulit yang rusak, merangsang produksi kolagen, dan membantu mempercepat penyembuhan kulit. Cara menggunakannya:

9. Cocoa butter

Kandungan cocoa butter yang terdiri dari asam lemak dapat menyembuhkan kulit kering dan sensitif. Cocoa butter juga dapat membuat kulit Anda terhidrasi, karena ia merupakan pelembap alami. Anda bisa menggunakan bahan ini untuk menghilangnya bekas cacar. Cara menggunakannya: