Cek Sekarang, Ini Ciri Kulit Sehat dan Cantik!

By nova.id, Jumat, 4 November 2016 | 09:00 WIB
Cek Sekarang, Ini Ciri Kulit Sehat dan Cantik! (nova.id)

Kondisi kulit yang sehat sudah sekian lama menjadi tolok ukur kecantikan seseorang. Kulit yang terawat dan bebas dari penyakit seperti jamur, panu dan sebagainya merupakan salah satu faktor kulit seseorang disebut sehat dan cantik.

Merujuk kembali kepada fungsinya, kulit adalah bagian tubuh paling luar yang berfungsi melindungi organ-organ dalam tubuh.

Baca: Wah! Ternyata Kulit Bisa Rusak Sebelum Usia 18 Tahun

Kemudian, selain menjadi pelindung, kulit juga penting untuk menunjang penampilan perempuan.

Namun, bagaimana ciri kulit sehat dan cantik? Kulit seperti apa yang disebut sehat? Begini pemaparan Dr. Tina Wardhani Wisesa, SpKK (K), FINSDV, FAADV, spesialis kulit dan kelamin, dalam acara The NIVEA Experience di Jakarta, Rabu (2/11).

Baca: Perlu Tahu, Bedanya Kulit Dehidrasi dan Kulit Kering

“Kulit yang sehat tentu adalah kulit yang tidak ada penyakit. Untuk mengetahui kulit sehat atau tidak, Anda bisa mencoba melihatnya dari warna kulit. Sebab, kulit yang sehat memiliki warna kulit yang merata. Tidak peduli warna kulit apa pun, yang terpenting adalah warnanya rata,” terangnya.

Selain itu, Dr Tina juga menjelaskan bahwa ada konsistensi yang dipengaruhi oleh kelembaban dan Anda dapat melihat konsistensi dari kulit yang lembab ini dari kelenturan kulit.

Baca: Mudah! 4 Tips Perawatan Kulit Kering Sensitif dari Dermatolog

Untuk mengecek kelenturan ini, Anda tinggal memencet kulit dan menghitung berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk kembali seperti keadaan semula. Semakin lama waktu yang dibutuhkan kulit untuk kembali, maka tingkat kelenturan semakin berkurang.

Dalam melihat kelenturan kulit ini, Dr. Tina juga menyarankan untuk melihat usia seseorang. Sebab, semakin bertambahnya usia, tentu kelenturan kulit pun akan berkurang.

Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja/KompasFemale