Asuransi Jagadiri Serahkan Donasi dan Perlindungan Gratis untuk Mantan Atlet Dayung Nasional

By Caroline Ayudya Pramantie, Sabtu, 19 November 2016 | 13:29 WIB
. (Caroline Ayudya Pramantie)

Dalam rangka Hari Pahlawan Nasional yang jatuh pada 10 November lalu, asuransi JAGADIRI memberikan donasi asuransi gratis kepada mantan atlet dayung nasional peraih emas di SEA Games 1987. Seperti diketahui, tak jarang pensiunan atlet nasional yang telah berprestasi membela nama bangsa, namun tidak mendapatkan apresiasi baik dari pemerintah maupun masyarakat. Hal yang sama dirasakan oleh Sunardi (57), pensiunan atlet dayung yang dulu berduet dengan Syafii. Mereka berjaya pada era 80-an hingga 1993. 
 
Bersama Syafii, mereka mendapatkan medali perunggu pada kejuaraan tingkat internasional pada 1983 di Hongkong dan medali perunggu untuk Asian Games X di Seoul, Korea Selatan pada 1986. Pada tahun yang sama, Sunardi kembali menyumbangkan medali perunggu di kejuaran internasional di Rumania, serta setahun kemudian memperoleh juara ketiga di kejuaraan internasional di Seoul, Korea Selatan. Mereka menempati posisi keempat pada kejuaraan internasional di Beijing pada 1988. Selain itu, Sunardi bersama Syafii berhasil memecahkan rekor tercepat pada PON XI dan SEA Games 1987. Di SEA Games ini, mereka meraih medali emas. Mereka mengukir sejarah dengan berturut-turut meraih medali emas dari PON XI hingga PON XIII.
 
Kini, Pria kelahiran 10 Agustus 1959 ini pun hanya menjadi seorang nelayan kecil di kampung halamannya, Demak, Jawa Tengah. JAGADIRI memahami bahwa perjuangan yang dilakukan oleh Sunardi tidaklah mudah dan dia dapat dikategorikan sebagai pahlawan yang berjuang membela bangsa dengan segenap jiwa dan raganya. 
 
Director Operation PT Central Asia Financial, Dr. Dessy Kusumayati di sela penyerahan donasi dan asuransi gratis kepada Sunardi mengatakan, pemberian asuransi ini sebagai bentuk penghargaan dan ucapan terima kasih atas prestasi dan kerja kerasnya.  "Pak Sunardi telah mempersembahkan banyak prestasi untuk negara. Pahlawan tidak harus bertempur di medan perang, namun melalui olahraga pak Sunardi juga membawa nama baik bangsa di kancah internasional," katanya.
 
Harapannya dengan perlindungan gratis ini membuat Sunardi tak perlu khawatir selama bekerja di laut yang penuh risiko. "Kami berharap bantuan ini dapat membantu meringankan beban pak Sunardi dan keluarga, sebagai asuransi lokal, JAGADIRI selalu berkomitmen memberikan perlindungan tanpa beban kepada masyarakat," ujarnya.
 
Sebagai bentuk apresiasi kepada pensiunan atlet dayung nasional Sunardi, JAGADIRI turut memberikan donasi sebesar Rp 5.000.000 dan asuransi jiwa secara cuma-cuma selama satu tahun. Perlindungan yang diberikan yakni  santunan meninggal dunia bukan akibat  kecelakaan sebesar Rp 75.000.000 dan santunan meninggal dunia akibat kecelakaan sebesar Rp 150.000.000.