6 Mitos Pernikahan yang Tak Perlu Dipercaya

By Noverita, Sabtu, 17 Juni 2017 | 08:15 WIB
Ada 6 mitos soal pernikahan yang tak perlu dipercaya. Apa saja? (Noverita)

Ketika mengarungi bahtera pernikahan, perjalanan Anda dan suami mungkin tak selalu mulus dan semanis di awal pernikahan. Itu sebabnya Anda sering mendengar banyak pendapat dari mereka yang sudah lebih dulu menikah soal perubahan yang ada setelah seseorang berstatus sebagai suami atau istri.

Malah tak jarang, hal itu juga dipercayai sebagai mitos.

Namun, sesungguhnya esensi pernikahan itu sendiri tentu amat bergantung pada masing-masing individu yang merasakannya, termasuk sejauh mana problem yang ada memengaruhi kehidupan mereka.

Nah, daripada menduga-duga, ada baiknya berpikir ulang soal anggapan atau mitos soal pernikahan yang kerap terdengar seperti dilansir dari BOLDSKY berikut ini:

1. Kehidupan setelah menikah tak jauh beda

Ada yang berpendapat orang menikah dan belum menikah punya kehidupan yang sama. Nyatanya, penelitian mengatakan bagi orang yang belum menikah jarang menawarkan yang terbaik untuk pasangan karena tidak adanya komitmen dalam hubungan.

Baca: Harga Diri Perempuan Menurun Setelah Punya Anak? Ini Penjelasannya

2. Punya banyak cinta

Orang yang belum menikah berpikir orang yang menikah akan memiliki banyak cinta, sementara orang menikah berpikir single lebih memiliki banyak kesempatan untuk mengeksplorasi cinta. Kedua pendapat itu salah, tidak tergantung sudah menikah atau belum.

Baca: Sering Pamer Kemesraan di Sosmed, Ciri Pasangan Tak Bahagia?

3. Bosan hidup dengan orang yang sama seumur hidup

Banyak orang berpikir mustahil hidup dengan satu orang seumur hidup. Namun, para peneliti mengklaim semua tergantung pada penyesuaian diri. Ketika ada cinta dan penyesuaian dengan pasangan, maka Anda tidak akan pernah bosan dengan pasangan sehingga bertahan seumur hidup.

Baca: Tetap Mesra Meski Menikah Bertahun-tahun? Coba 5 Hal Ini untuk Usir Rasa Bosan

4. Punya anak jadi solusi masalah suami-istri

Memiliki anak sering dianggap sebagai solusi untuk memecahkan banyak masalah pernikahan. Padahal, tak hanya anak-anak, kok, tergantung dari masalah yang dihadapi.

Baca: Jangan Kaget! Ini Alasan Mengapa Ada Pasangan Menikah yang Tak Mau Punya Anak

5Lama menikah gairah akan padam

Ada anggapan lamanya pernikahan akan membuat gairah asmara suami-istri padam perlahan. Padahal, itu tidak benar, pernikahan melibatkan banyak hal, seperti tanggung jawab dan harapan. Kembali lagi, semua tergantung pada bagaimana pasangan mengatasinya.

Baca: Agar Seks Semakin Menggelora Setelah Lama Menikah

6. Menikah membatasi pergaulan

Pernikahan dianggap sebagai penyebab seseorang membatasi pergaulan atau menghalangi kehidupan sosialnya, tentu tak bisa dikatakan benar. Justru silaturahmi Anda bertambah luas, bukan cuma dengan keluarga tapi juga sahabat karib pasangan.

Lain halnya, jika pasangan Anda memang tidak suka atau tidak pernah mengizinkan Anda keluar sehingga kehidupan sosial jadi terbatas.