Bertabur Cinta dan Harapan, Malam Puncak Penganugerahan Perempuan Inspiratif NOVA 2016 Digelar

By Caroline Ayudya Pramantie, Sabtu, 26 November 2016 | 13:30 WIB
Iis R. Soelaeman selaku Pimpinan Redaksi Tabloid NOVA membuka acara malam penganugerahan PIN 2016. (Caroline Ayudya Pramantie)

Setelah seharian penuh para finalis Perempuan Inspiratif NOVA 2016 (PIN 2016) menjalani karantina hari pertama, pada Sabtu (26/11/2016) di Hotel Grand Tjokro Bandung, dengan segudang aktivitas yang dilakukan, maka tibalah puncak acara malam penganugerahaan PIN 2016.

Bertempat di Ballroom Hotel Grand Tjokro Bandung, para tamu undangan terlihat mulai berdatangan sejak pukul 18.30 WIB. Salah satu tamu kehormatan malam ini adalah Ibu walikota Bandung, Atalia Ridwan Kamil dan Ibu Agustina  Erni, selaku Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat, Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Selain itu ada Ibu Wulan Tilaar, Vice Chair Woman Martha Tilaar Group, dan juga aktris cantik Alyssa Soebandono, selaku Brand Ambassador Sariayu.

Selain bertaburkan tamu undangan istimewa, acara PIN 2016 juga dihadiri oleh para alumni pemenang PIN dari tahun 2008, 2009, 2010, 2011, 2012, 2013, 2014, dan 2015. Para alumni PIN ini datang dengan berkalungkan selempang PIN.

Sesampainya di lokasi acara, dipandu oleh Iwet Ramadhan sebagai MC, para tamu pun langsung dihibur dengan penampilan dari grup band D'Cinnamons. Selanjutnya para tamu undangan langsung dipersilahkan untuk santap malam sambil diiringi live music dari beberapa musisi lokal Bandung.

Dengan mengusung tema Cinta dan Harapan, perhelatan akbar yang telah digelar untuk kesembilan kalinya ini dimulai pada pukul 20.00 WIB. Dalam sambutannya, Iis R. soelaeman, selaku Editor in Chief Tabloid NOVA, menyampaikan, "Apresiasi terhadap perempuan-perempuan yang sudah memberi kontribusi ini patut diberikan oleh NOVA, kendati mereka sendiri tidak pernah meminta untuk diberikan penghargaan apapun. Bagi mereka, memberdayakan potensi dirinya, masyarakat dan lingkungannya menjadi prioritas utama."

Mengapa cinta dan harapan? Karena Tabloid NOVA sangat yakin bahwa apa yang sudah dilakukan dan diyakini oleh para pemenang Perempuan Inspiratif NOVA, seperti para pemenang di delapan tahun sebelumnya karena berbekal cinta. Cinta untuk sesama, cinta untuk lingkungan sekitar, cinta untuk bangsa dan negaranya. Dengan cinta pula acara ini diselenggarakan oleh seluruh tim Tabloid NOVA.

Sementara, harapan melambangkan keyakinan bahwa apa yang dilakukan oleh sosok-sosok perempuan hebat tersebut dapat memberi pengaruh positif bagi dirinya dan orang sekitar. Harapan pula yang mengantarkan Tabloid NOVA untuk terus menghargai dan mengapresiasi setiap perempuan Indonesia yang berdedikasi serta menginspirasi.

Perhelatan ini menghadirkan tujuh orang perempuan hebat yang keluar sebagai pemenang PIN 2016 dari 7 kategori, ditambah dengan tujuh perempuan lainnya yang terpilih melalui mekanisme Editor's Choice. Acara pun dilanjutkan dengan profil 14 pemenang PIN 2016 yang ditampilkan dalam video di atas panggung. Setelah itu, satu per satu para pemenang naik ke atas panggung untuk menerima penghargaan sebagai Perempuan Inspiratif NOVA 2016 sekaligus menerima bingkisan menarik dari Sariayu Martha Tilaar serta uang tunai senilai 3 juta Rupiah.

Di malam puncak yang penuh dengan cinta ini, para pemenang PIN 2016 tampil cantik dalam balutan busana dari Batik Aryani, spesialis batik tulis Cirebon. Dengan atasan berupa blus bernuansa etnik siap pakai yang simpel berwarna merah yang dipadukan bersama kain batik tulis Cirebon. Selain itu aksesori bernuansa gold dari Griya Antik Yogyakarta serta tata rias wajah dan rambut oleh Sariayu yang menambah sempurna penampilan para pemenang PIN 2016. Sedangkan bagi pemenang yang mengenakan hijab, tampil sempurna dengan style hijab cantik elegan dari Moshaict.

Selamat untuk para pemenang Perempuan Inspiratif NOVA 2016! Teruslah berkarya dengan cinta dan harapan.