Ingatkan Suami Bahwa Seks yang Memuaskan Itu Tidak Memaksa

By nova.id, Kamis, 1 Desember 2016 | 07:00 WIB
Ingatkan Suami Bahwa Seks yang Memuaskan Itu Tidak Memaksa (nova.id)

Perkembangan teknologi sekarang ini tidak lantas membuat pengetahuan masyarakat akan informasi mengenai seks menjadi benar sesuai anjuran pakar. Kesalahpahaman tentang seks yang sehat dan bahagia bagi pasangan masih sering terjadi. Seks hanya diukur dari segi penetrasi organ intim saja, tanpa mengindahkan lebih dalam mengenai esensi hubungan seksual untuk komunikasi antar pasangan suami istri.

Meski seks merupakan penyaluran kebutuhan biologis setiap orang, seks juga sejatinya harus diperuntukkan untuk menciptakan kualitas hubungan yang lebih baik dan bahagia.

Jadi, salah bila ada orang atau pasangan yang menganggap bahwa seks hanya berdasarkan nafsu belaka bukan untuk mencari kesenangan yang hakiki ketika melakukanya dengan orang yang kita cintai.

Baca: Ucapkan Kata-kata Ini Jika Anda Puas Bercinta dengan Suami

Salah satunya ialah seputar seks yang memuaskan namun dilakukan dalam keadaan relaks dan perasaan senang. Demikian seperti yang diutarakan oleh Kasandra A. Putranto, psikolog klinis masalah perkawinan, dari klinik Psychological Practice, Jakarta.

“Seks yang memuaskan itu, ya, harus ditanya pasangan maunya apa. Jangan memaksa,” ujar Kasandra.   Dalam mengatasi ketidakharmonisan dalam berhubungan seksual, yang perlu diperhatikan adalah mengenali pasangan. Masing-masing harus memahami diri dan pasangannya. Baik mengenai alat-alat seksual, fungsi seksual, sampai kebiasaan seksual dan erotic zone (titik-titik rangsangan) masing-masing pasangan.

Baca: 4 Langkah Meraih Kenikmatan Seksual Bersama yang Tiada Tara

Kondisi kesehatan termasuk hal yang perlu diperhatikan. Usahakan jangan sekali-kali melakukan hubungan seksual dalam kondisi sakit dan tidak fit. Hubungan seksual merupakan aktivitas yang memakan energi tinggi. Kalau tidak dalam kondisi prima, dapat mengakibatkan timbulnya keluhan-keluhan lain yang lebih parah. Banyak pasangan muda yang tidak sabar dalam melakukan hubungan seksual. Terutama kaum lelaki yang lebih mudah terangsang dan mencapai orgasme.

Selain harus dilakukan dalam kondisi relas dan perasaan bahagia, penting untuk memerhatikan pemilihan waktu saat bercinta dengan suami. Faktor lainnya ialah teknik dan variasi gaya bercinta sesuai kesepakatan dan kondisi kesehatan.

Baca: Agar Seks Selalu Memuaskan, Lakukan Ini!

Di sinilah pentingnya pengetahuan yang benar tentang seks dan komunikasi yang baik dengan pasangan, agar dapat melakukan hubungan seksual yang baik, benar, dan memuaskan kedua belah pihak. Waktu yang tepat sangat penting, walaupun tidak perlu ditetapkan jadwal khusus. Bila telah sama-sama siap dan menginginkannya, dijamin seks akan terasa menyenangkan sekaligus memuaskan.

Bimo Wijoseno/intisari-online.com