Tiru Kiat Sukses Julia Meraup Untung 60 Juta Sebulan dari Jualan Baju Online

By nova.id, Selasa, 25 April 2017 | 07:15 WIB
Tiru kiat sukses untuk berjualan online (nova.id)

Dengan berkembangnya dunia digital dan kecenderungan perilaku orang yang tak mau buang waktu untuk belanja ke luar rumah, peluang untuk memulai usaha secara online pun semakin diminati.

Saat ini, memang semakin banyak orang berbisnis secara online dan barang yang dijual pun kian variatif. Tak perlu modal besar untuk membuka toko dan merekrut banyak pegawai, menjadi beberapa keuntungannya.

Melihat peluang tersebut, banyak pula kaum hawa yang tergiur terjun mencari peruntungan di dunia e-commerce. Salah satunya, Julia, yang memilih menjual pakaian di salah satu mobile-platform yang menawarkan transaksi jual beli online melalui aplikasi di ponsel.

Baca: Mengungkap 3 Karakter Orang yang Senang Belanja Online

Tentu, berjualan tanpa tatap muka memberi tantangan sendiri baginya. Julia bercerita, dibanding dirinya berjualan di grup chat atau sosial media, bergabung di e-commerce yang mewadahi transaksi penjual dan pembeli dianggap lebih menguntungkan.

Dengan harga pakaian yang dijual mulai harga Rp25-40 ribu, dalam sebulan, ia bisa mendapat keuntungan hingga Rp60 juta dan masuk dalam jajaran Top Three Seller.

Kepada TabloidNova.com Julia pun berbagi tips. Ia yang memulai usahanya tersebut sejak bulan Juni, terhitung sudah 6 bulan dirinya menjadi seller

"Aku jual pakaian perempuan. Awalnya, buka toko baju, tapi pendapatannya minim. Sekarang dengan jualan online malah bisa kirim 200 sampai 300 paket," ungkap Julia saat ditemui dalam acara Shopee 1st Birthday di Thamrin Nine Jakarta Pusat belum lama ini.

Baca: 9 Tanda Anda Kecanduan Belanja Online dan Solusinya

Julia pun memberikan kiat sukses bila ingin menjadi penjual yang sukses seperti dirinya. Ia mengatakan salah satu yang paling penting bila menjual barang di online shop adalah pelayanannya. Karena harus teliti dan cepat mengirimkan barang pesanan ke customer. 

"Harus teliti dan mengutamakan proses pengirimannya. Kalau customer sudah transfer kalau bisa besok sudah harus bisa dikirim. Yang lama itu di jasa pengirimannya. Jadi pengiriman dari kita harus cepat," jelas perempuan 23 tahun ini. 

Karena sekali mengirimkan paket nilai transaksinya bisa hingga ratusan juta, Julia pun kini memiliki empat pegawai. Namun, dirinya masih aktif dan secara langsung menjawab permintaan atau komplen customer terhadap barang yang dibeli.

Baca: 5 Toko Online Populer di Seluruh Pelosok Dunia

Tantangan yang dirasakan Julia saat berjualan online menurutnya adalah jika barang tidak sama dengan aslinya. Padahal, dalam keterangan barang, ia selalu mencantumkan deskripsi secara lengkap.

"Banyak juga yang komplen, mereka biasanya protes gambar tidak sama dengan aslinya. Padahal, kan, kita sudah beritahu, ada deskripsi dibawah barangnya. Selain itu, ada juga yang minta pengembalian uang karena barang belum sampai. Itu biasanya kendala karena di jasa pengiriman," ujarnya. 

Yuni Arta Sinambela/Tabloid NOVA