Perhelatan diskon akbar Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) kembali digelar dengan menggandeng lebih dari 200 e-commerce sebagai peserta Harbolnas yang terdiri dari ratusan UKM dan UMKM maupun brand lokal.
Pada tahun kelima Harbolnas ini diselenggarakan diharapkan terdapat peningkatan jumlah transaksi online yang signifikan selama tanggal 12-14 Desember 2016, sejalan dengan peningkatan jumlah partisipan sebesar 48,6 persen dibandingkan tahun lalu.
Miranda Suwanto selaku Ketua Panitia Harbolnas mengatakan, “Dengan semakin banyak pengguna internet di berbagai kota dan semakin terjangkaunya perangkat mobile, maka semakin banyak masyarakat di Indonesia dapat dengan mudah dan nyaman berbelanja online. Tanpa khawatir kehilangan waktu akibat kemacetan atau jarak tempuh yang jauh. Ini merupakan salah satu faktor yang mendorong maraknya berbelanja online di Indonesia,” tutur Miranda.
Berbagai penawaran menarik, hadiah undian dan diskon hingga 95 persen ditawarkan para peserta Harbolnas untuk dapat mendorong lebih banyak lagi transaksi tahun ini. Menurut data riset Online Shopping Outlook 2015 yang dikeluarkan oleh BMI research, terungkap bahwa nilai belanja online di Indonesia pada 2014 mencapai 21 triliun.
Melengkapi hal tersebut, berdasarkan riset gabungan dari Google dan Temasek, Indonesia pada tahun 2015 menempati urutan pertama negara dengan pertumbuhan pasar internet terbesar di dunia, dengan pertumbuhan diperkirakan mencapai 19 persen pada tahun 2020.
Pertumbuhan yang sama juga diperkirakan terjadi pada perekonomian berbasis internet, dengan pasar e-commerce menempati urutan pertama diikuti oleh online media dan online travel.
Dengan mengusung tema “Indonesia Online”, seiring dengan peningkatan penggunaan internet, khususnya dalam perangkat mobile, perayaan Harbolnas tahun ini ingin kembali mengajak masyarakat Indonesia untuk merasakan pengalaman belanja secara online yang mudah dan nyaman serta pentingnya keamanan dalam bertransaksi.
Nah, untuk Anda yang memang ingin memanfaatkan momen Harbolnas ini untuk membeli beragam keperluan dengan harga yang sangat menarik, tips berikut penting diperhatikan. Tujuannya, tentu saja agar transaksi pembelian berlangsung lancar dan kantong tidak jebol karena membeli tanpa perencanaan. Apa saja kiatnya?
1. List kebutuhan
Perempuan maupun laki-laki terkadang bisa begitu impulsif jika dihadapkan dengan barang menarik dengan potongan harga yang cukup besar. Agar barang yang Anda beli sesuai manfaatnya, sebelum belanja, bikin dulu, yuk, daftar kebutuhan apa saja yang diperlukan.
Misalnya, jika ingin beli produk fashion, intip dulu isi lemari dan menilik produk apa yang sedang dicari agar tak membeli barang yang sama tapi ujung-ujungnya malah tak terpakai.
Baca: Siap-siap Harbolnas, Ikuti 4 Cara Ini Agar Tak Kalap Saat Belanja Online
2. Download aplikasi
Ada sejumlah keuntungan jika Anda sudah men-download sejumlah aplikasi e-commerce. Di antaranya mendapat notifikasi lebih dulu untuk program diskon dan barang yang menarik. Selain itu, beberapa e-commerce menerapkan potongan harga yang hanya berlaku jika transaksi dilakukan melalui aplikasi dibanding pembelian melalui website.
Baca: Tiru Kiat Sukses Julia Meraup Untung 60 Juta Sebulan dari Jualan Baju Online
3. Pastikan koneksi internet lancar
Mengakses situs e-commerce melalui laptop ataupun ponsel, tentu saja faktor yang satu ini harus dipastikan berjalan baik. Cek, apakah koneksi internet tersambung baik.
Baca: Lengkap! 5 Tips Menghemat Kuota Internet di Handphone Anda
4. Saldo dan limit
Karena transaksi ini dilakukan secara online, jangan sampai Anda tak mengecek terlebih dulu jumlah saldo di tabungan atau limit kartu kredit ketika barang incaran sudah dimasukkan dalam daftar keranjang pembelian.
Pastikan saldo di rekening atau limit kartu kredit mencukupi. Akan lebih bijak pula jika Anda membatasi transaksi di nominal tertentu agar tak kaget ketika melihat tagihan atau sisa uang di rekening nantinya.
Baca: 9 Tanda Anda Kecanduan Belanja Online dan Solusinya
5. Preview dan wishlist
Ajang Harbolnas menarik minat banyak orang untuk bertransaksi di situs yang sama dengan yang Anda incar. Agar tak terburu-buru saat belanja, ada baiknya Anda melihat lebih dulu barang atau bran yang diinginkan jauh-jauh hari dan menentukan situs belanja mana yang diincar. Setelah itu, tandai dalam opsi wishlist yang biasanya ada di setiap laman e-commerce.
Dengan begitu, ketika hari H tiba, Anda tak perlu menghabiskan waktu untuk mencari produk yang diinginkan serta terhindar dari koneksi yang mungkin terganggu karena banyaknya orang yang mengakses situs tersebut.
6. Teliti promo tambahan
Seringkali ada promo tambahan terselip jika Anda jeli melihat laman situs. Maka jangan lupa cek kode voucher, kerjasama bank/merchant, dan penawaran diskon belanja lainnya untuk mendapatkan sejumlah potongan menarik