Terungkap! Penyebab Area Siku dan Lutut Lebih Hitam dan 3 Cara Alami Mengatasinya

By nova.id, Rabu, 14 Desember 2016 | 01:45 WIB
Masker Alami yang Ampuh Untuk Kulit Siku dan Lutut yang Bersisik (nova.id)

Setiap perempuan ingin tampil sempurna saat mengenakan gaun pendek atau dress pendek dengan atasan tanpa lengan. Namun, yang membuat rasa percaya diri menurun karena kondisi lutut dan siku yang gelap.

Masih banyak yang mempertanyakan kenapa pada bagian tersebut sering terlihat gelap bahkan kusam? 

Seperti penjelasan yang dilansir dari Boldsky.com kulit di lutut dan siku cenderung lebih tebal dan cenderung lebih banyak memiliki lipatan.

Hal ini pun dikarenakan karena tidak adanya kelenjar minyak di area kulit tersebut, maka lutut dan siku sering terasa kering. Tanpa menjaga kebersihan pada area ini dan mengabaikan perawatannya, maka lutut dan siku akan mudah bersisik, kering dan pada akhirnya menimbulkan bercak hitam atau area gelap.

Baca: Kulit Bersisik dan Keriput, Masalah Utama Wajah Jelang 50 Tahun

Selain itu, faktor eksternal yang berkontribusi terhadap kondisi ini, dengan adanya ketidakseimbangan hormon, obesitas, penumpukan kulit mati atau peningkatan produksi melanin.

Untuk mengatasinya, Anda tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk pergi ke salon kecantikan atau spa mewah, lo. Karena dengan bahan alami dapat mengembalikan lutut dan siku menjadi normal dan menarik kembali. 

Berikut ini adalah bahan-bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk perawatan di rumah: 

1.Lidah buaya

Lidah buaya mengandung antioksidan, yang tidak hanya dapat menghilangkan pigmentasi di kulit, tapi juga dapat meningkatkan regenerasi sel kulit baru. Caranya, belah daun lidah buaya dan ambil ekstrak gelnya, letakan dalam mangkuk. Lalu, gosokkan gel di siku dan lutut, diamkan selama 20 menit, lalu gosok dan bilas dengan air hangat.

Baca: Terlalu Sering Maskeran Bikin Kulit Wajah Jadi Kering?

2.Kentang

Kentang kaya dengan enzim pencerah kulit yang dapat mengelupaskan sel-sel kulit mati dan mengurangi kegelapan kulit. Potong kentang menjadi irisan tipis. Lalu oleskan pada lutut dan siku yang gelap. Setelah 5 menit, bilas yang bersih.

Baca: Lihatlah Akibatnya Bila Kulit Wajah Kekurangan Cairan

3.Lemon

Lemon memiliki kandungan asam sitrat, vitamin C dan sifat pemutihan alami yang dapat menghilangkan penumpukan sel kulit mati dan mencerahkan warna kulit. Potong lemon menjadi dua bagian. Gosokkan lemon pada siku dan lutut yang gelap perlahan-lahan dengan gerakan melingkar. Biarkan selama 5 menit dan kemudian bilas. 

Asal dilakukan dengan rutin, Anda pun bisa menikmati perbedaan menyenangkan untuk warna kulit yang lebih cerah. Nah, selamat mencoba, ya!

Yuni Arta Sinambela/Tabloid NOVA