Wulan Tilaar : “Semoga Semakin Banyak Perempuan Hebat Yang Termotivasi”

By Caroline Ayudya Pramantie, Senin, 19 Desember 2016 | 05:15 WIB
Dengan mengusung tema Cinta dan Harapan, Perempuan Inspiratif NOVA ke-9 digelar di Bandung, akhir November lalu. (Caroline Ayudya Pramantie)

Sebagai salah satu media terbesar dan terpercaya di Indonesia, NOVA baru saja menggelar sebuah perhelatan akbar, Perempuan Inspiratif NOVA (PIN) 2016.

Dengan mengusung tema Cinta dan Harapan, acara yang telah digelar untuk ke-9 kalinya ini diadakan pada Sabtu (26/11) dan Minggu (27/11) lalu di Grand Tjokro Hotel, Bandung.

Selama dua hari masa karantina, ke-14 pemenang menjalani kegiatan menyenangkan dan mendapat berbagai hadiah menarik.

Seperti, mengikuti rangkaian workshop membatik, mengikuti sharing session psikologi bersama Ibu Rieny Hasan dan juga menimati spa treatment persembahan dari Martha Tilaar Salon Day Spa, di kawasan Ciumbuleuit, Bandung.

Tak hanya mendapat perawatan foot spa yang membuat rileks usai berkegiatan seharian, para pemenang PIN 2016 juga berkesempatan untuk berbelanja segala produk kecantikan dari Sariayu. Selain itu mereka juga mengikuti workshop kecantikan dan tutorial hijab di Martha Tilaar Salon Day Spa.

Sebagai puncak acara, malam penganugerahan Perempuan Inspiratif NOVA 2016 pun berlangsung penuh kesan.

Penghargaan sebagai Perempuan Inspiratif Nova 2016 ditambah dengan apresiasi berupa uang sebesar 3 juta rupiah serta bingkisan cantik dari Sariayu telah diberikan kepada 14 pemenang PIN 2016 dari 7 kategori (wirausaha, pendidikan dan ilmu pengetahuan, teknologi, kesehatan, seni budaya, lingkungan, dan sosial).

Namun, tentu saja malam penganugerahan tersebut bukanlah pijakan terakhir mereka untuk berhenti berkarya dengan cinta dan menebar harapan.

Momen ini justru menjadi penanda sekaligus pendorong bagi para pemenang serta Anda, calon finalis Perempuan Inspiratif NOVA selanjutnya yang ada di mana pun untuk terus memberdayakan diri dan sekitar seterusnya.

Sebab selama ini NOVA mempercayai bahwa perempuan selalu menjadi sosok inspiratif bagi siapapun juga, ditambah dengan sebuah cinta yang selalu mereka torehkan dalam setiap hal yang mereka kerjakan.

Senada dengan NOVA, Wulan Tilaar selaku Vice Chairwoman of Martha Tilaar Group and Director of Martha Tilaar Salon & Day Spa juga mengakui sosok perempuan sebagai perpanjangan tangan Tuhan untuk sesama.

Wulan yang ikut dalam jajaran dewan juri untuk menyeleksi dari ribuan entries yang masuk ke redaksi NOVA, mengaku begitu terpana saat membaca banyak kisah para perempuan hebat di seluruh Indonesia. Dan setelah melewati seleksi yang cukup ketat, maka terpilihlah 14 orang perempuan hebat yang terpilih melalui mekanisme Editor’s Choice dan penjurian dari kisah yang dikirimkan pembaca untuk 7 kategori.

“Sebenarnya saya baru 2 tahun masuk dalam jajaran dewan juri PIN. Membaca banyak kisah mereka, pada akhirnya saya merasa terinspirasi juga. Saya berpikir betapa mereka hebat dengan segala keterbatasan yang dimiliki, justru mereka mau mengubah itu semua menjadi lebih baik lagi,” ungkapnya seraya tersenyum.

Bagi Wulan, apa yang dilakukan para perempuan hebat di Indonesia ini, bisa mematahkan anggapan bahwa perempuan itu adalah sosok yang tertindas, “Kadang, kan, di Indonesia itu banyak sekali anggapan tentang perempuan tertindas. Pilihannya, kita meratapi atau mau melakukan suatu hal yang bisa membuat hidup lebih baik lagi. Dan para perempuan hebat ini, dengan keterbatasan dan keterpurukan dalam hidup, mereka bisa bangkit. Itu yang keren.”

Wulan bercerita sangat terkesan dengan pemenang PIN 2016, yaitu Sidrotun Naim dari kategori Perempuan dan teknologi dan Erni Suyanti Musambine asal Bengkulu pemenang dari kategori Perempuan dan Lingkungan.

Sidrotun Naim adalah Doktor pertama dari Indonesia di bidang penyakit udang sekaligus lulusan teladan dari Harvard University. Sementara, Erni mengabadikan dirinya untuk perlindungan satwa liar.

“Doktor udang membuat saya terkesan karena ini kan sangat spesifik ya, tapi beliau fokus. Apalagi kita tahu, Indonesia merupakan negara kepulauan, bagaimana kita bisa memanfaatkan hasil laut dengan maksimal. Sedangkan sama Ibu Yanti, beliau mau untuk meluangkan waktunya merawat satwa liar tanpa kompensasi apapun,” bebernya.

Selain itu, Wulan pun mengakui keterlibatan Martha Tilaar Group dalam acara Perempuan Inspiratif NOVA 2016 adalah sebagai dukungan terbesar lantaran acara ini memiliki kesaman visi dengan Martha Tilaar Group.

Seperti diketahui, sejak awal Martha Tilaar Group berdiri di atas 4 pilar, yaitu Beauty Green, Beauty Education, Beauty Culture, dan Empowering Women.

“Kami merasa memiliki kesamaan visi dengan PIN dari salah satu pilar MTG yaitu empowering women. Mungkin secara lahiriah dukungan yang diberikan untuk para pemengan berupa sponsor makeup Sariayu, yang merupakan produk lokal Indonesia yang mengangkat tradisi dan kekayaan alam Indonesia, spa treatment untuk pemenang, dan bingkisan cantik. Tapi di luar itu semua yang terpenting adalah kesamaan nilai yang kita miliki.”

Lalu apa harapan Wulan untuk perhelatan Perempuan Inspiratif NOVA yang bisa digelar setiap tahunnya ini?

“NOVA adalah tabloidnya perempuan, target market juga jelas banget. Yang saya suka di NOVA dapat membagi ilmu juga. Tentunya dengan mengadakan PIN, itu pas banget karena perempuan itu butuh role model yang mengugah keingintahuan mereka. Di sini tidak hanya difokuskan dengan kecantikan fisik, justru di PIN bagaimana perempuan bisa memaksimalkan potensi yang dia miliki dan dia bisa bermanfaat bagi banyak orang.”

Lebih lanjut, Wulan pun berharap, “Semoga dengan adanya PIN ini semakin bisa memotivasi perempuan hebat lainnya. Saya rasa PIN juga bisa menjadi jalan pembuka bagi para perempuan yang menginspirasi dan memiliki niat untuk berbagi dengan orang banyak. Sehingga orang lain yang punya visi dan misi yang sama dengan hidupnya menjadi terpanggil juga dan bisa bersinergi untuk membantu mereka,” tandasnya.