Kaleidoskop Dunia Hiburan 2016: Polemik Tes DNA Anak Kandung, KDRT hingga Pelecehan Seksual

By nova.id, Jumat, 30 Desember 2016 | 10:45 WIB
Reza Artamevia dan Gatot Brajamusti (nova.id)

Beragam cerita menarik, melibatkan sejumlah selebriti dan tokoh Indonesia selama tahun 2016.  Cerita perkawinan, perselisihan, perceraian, kelahiran, dan tidak sedikit pula selebriti yang mencetak prestasi mengharumkan nama Indonesia di panggung dunia. Menutup tahun, kami ingatkan kembali beberapa kejadian penting yang sempat mengemuka  

Natasha Wilona – Stefan William

Pendatang Baru Terpopuler

Memasuki  2016, dunia hiburan Tanah Air diwarnai oleh lahirnya para artis baru dengan popularitas melejit bak roket. Natasha Wilona dan Stefan William, di antaranya tenar lewat sinetron  Anak Jalanan. Selain karena chemistry akting di depan kamera, cerita di balik layar seputar hubungan asmara di antara mereka di lokasi syuting juga menjadi ‘bunga-bunga’ menghebohkan dunia hiburan yang menjadi incaran para penggemarnya.

Jokowi

Menyandang Status Eyang Kakung

Kegembiraan  menaungi   keluarga Presiden RI Joko Widodo atas kelahiran bayi laki-laki yang mengubah status Jokowi menjadi eyang kakung. Bayi yang diberi nama Jan Ethes Srinarendra, Kamis 10/3) tentu saja disambut  gembira oleh  orang tuanya Gibran Rakabuming Raka dan menantu Selvi Ananda.

Pevita Pierce

Berjuang Melawan Kanker Payudara

Melalui akunnya media sosialnya Pevita Pierce mengingatkan agar perempuan lebih waspada terhadap penyakit kanker, khususnya  kanker payudara. Kicauan itu diikuti  dengan pengakuan bahwa dirinya sudah 2 tahun melawan kanker yang bersemayam di payudaranya.

Ariel

Kehilangan Ayahanda

Suasana duka melingkupi keluarga besar Ariel Noah yang kehilangan ayahanda, Nazmul Irphan. Pria yang menjadi kebanggan Ariel tersebut  meninggal dunia  dengan riwayat penyakit komplikasi diabetes, jantung, dan ginjal  “Ayah  itu banyak mengajarkan sesuatu yang berguna untk kami anak-anaknya hingga kami bisa seperti sekarang.”

Sheila Marcia

Korban Kekerasan dalam Rumah Tangga

Kisruh rumah tangga Sheila Marcia dan Kiki Mirano telah berlangsung lama, namun baru terkuak setelah ASheila melayangkan laporan ke pilisi dengan tudingan Kiki telah melakukan  KDRT     

Saiful Jamil

Duh, Bang Ipul!

Kasus  pelecehan sesual sesama jenis oleh Saiful Jamil terhadap DS yang menghebohkan pada Maret 2016 . Berdasarkan hukum yang berlaku, Saiful dijatuhi hukuman 3 tahun. Kasus tersebut berbuntut panjang  setelah KPK menemukan dugaan suap terkait penanganan perkara tersebut di PN Jakarta Utara.  Kuasa hukumnya pun turut menjadi tersangka suap.

Mario G. Klau

Juara The Voice 2016

Pria usia 18 tahun ini tidak dapat menyembunyikan kegembiraannya  saat namanya  disebut sebagai juara The  Voice 2016. Mario langsung bersujud mengucapkan doa puji syukur. Kerja kerasnya remaja asal Kupang, NTT ini berbuah manis. Ia dinyatakan menjadi pemenang setelah meraih vote melalui SMS sebesar 52,2 persen melampaui raihan vote saingannya  Sekar Tedja.

Ben Kasyafani

Menikah untuk Kedua Kalinya

Dua tahun dirasa sudah cukup  bagi Ben Kasyafani  menyandang status duda setelah cerai dari artuis Marshanda yang memberinya satu putri, Sienna. Pada 30 Juli, Ben kembali menjadi raja sehari. Dia bersanding dengan Nesyana Ayu Nabila. Kedua saling mengenal melalui jasa baik orang tua,  hingga sepakat membentuk rumah tangga yang bahagia.

Mike Mohede

Meninggal Dunia di Usia Muda

Penyakit jantung memang tidak pandang bulu. Setiap saat dapat merenggut nyawa siapa saja, sekalipun usianya masih terbilang muda seperti  penyanyi bertalenta dan bersuara emas Mike Mohede (32).  Minggu (31/7)  pun menjadi hari yang paling menyedihkan bagi keluarga  dan sahabat Mike Mohede. Bagai petir di siang bolong , mereka harus menerima kenyataan bahwa penyanyi  ramah dan baik hati itu telah dipanggil Tuhan. Penyanyi jebolan Indonesian Idol 2005  sudah merencanakan pernikahan, namun takdir berkata lain. Mike Mohede meninggal dunia  akibat penyakit jantung justru saat karirnya tengah memuncak.

Reza Artamevia dan Gatot Brajamusti

Tersandung Kasus Narkoba

Penyanyi bersuara alto yang khas, Reza  Reza Artamevia kembali menjadi berita seiring pemberitaan tentang penangkapan Ketua Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi)  Gatot Brajamusti atas tindakan penyalahgunaan narkoba di Lombok, NTB. Reza yang saat itu besama Gatot pun turut diamankan polisi dan harus menjalani rangkaian pemeriksaan seputar keterlibatan ibu dari dua anak ini bersama Gatot yang konon dianggap sebagai guru spiritual tersebut.  Tak hanya narkoba, Gatot juga terjerat kasus pelecehan seksual dengan korban beberapa perempuan.

Mario Teguh

Akhirnya Mengakui Anaknya

Mario Teguh yang dikenal sebagai motivator papan atas di Tanah Air, mendadak menjadi buah bibir menyusul  pernyataan Ario Kiswinar Teguh yang menuntut  agar diakui sebagai anak. Ario menyampaikan pernyataannya melalui  siaran live di Trans TV, menyusul pernyataan Mario yang dilansir oleh media sosial yang menyatakan bahwa anak Mario hanya dua, Audrey dan Marco dari perkawinannya  Linna Susanto, dan dibenarkan oleh Mario  dalam wawancara dengan  Kompas TV.

Meski akhirnya  Mario meralat pernyataannya dengan mengakui bahwa Kiswinar adalah anak kandungnya, namun kasus  sempat bergulir ke ranah hukum. Polisi pun bergerak memeriksa  pihak terkait dan  mengambil sampel untuk melakukan tes DNA kepada Mario maupun Kiswinar. Hasilnya, polisi menyatakan gen mereka memang identik.  

Asty Ananta

Pernikahan Tanpa Restu

Dua Oktober silam merupakan momen paling membahagiakan bagi Asty Ananta yang telah melangsungkan pernikahan impiannya  dengan Hendra Suyanto di pantai Nusa Dua Bali.  Pasir putih yang senada dengan baju pengantin yang dikenakannya menambah romantisnya suasana saat wanita kelahiran Semarang ini mengucapkan ijab kabul dengan disaksikan rekan-rekannya.  

Asty Ananta mengaku suka sekali dengan pasir pantai sedari kecil, dan menyebut pernikahannya atas izin Allah. Sayangnya, acara sakral tersebut tidak mendapat restu dan tidak dihadiri oleh kedua orangtuanya.

Marcella Zalianty

Menjadi Ketua Parfi 56

Mengantongi pengalaman sebagai aktris, sutradara, dan produser, ibu dua anak ini melangkah lebih jauh lagi. Marcella dipercaya sebagai ketua umum Parfi 56 yang diyakini sebagai pemersatu  lintas generasi para pekerja perfiliman Indonesia. Beragam terobosan pun ia canangkan, termasuk organisasi yang dipimpinnya adalah organisasi profesi yang bebas narkoba

Sandra Dewi dan Harvey Moeis

Pernikahan Bak Dongeng

Aktris yang laris manis sebagai  model iklan merasa  masa pacaran selama 3 tahun sudah cukup untuk mengenal pribadi Harvey Moeis.  Keduanya sepakat untuk  menggelar  pernikahan di dua negara, Indonesia dan Jepang. Setelah mengucapkan  janji suci di altar  Katedral Jakarta Pusat, Selasa (8/11). Selanjutnya keduanya terbang ke Jepang  untuk menggelar resepsi pernikahan bak dongeng di Disneyland Tokyo.

Surya Saputra – Cynthia Lamusu

Penantian Berbuah Manis

Penantian  selama 8 tahun dan kesabaran pasangan ini  akhirnya berbuah manis  dengan kehadiran  sepasang bayi kembar  yang diberi nama Atharva Bimasena dan Ataya Tatjana Aisyah Putri yang lahir, Minggu (20/11). Pasangan yang menikah di Masjid At-Tin, 8 Juni 2008 ini pada akhirnya memilih proses bayi tabung untuk mendapatkan keturunan. Kehadiran bayi kembar, membuat mereka merasakan jatuh cinta kembali.

Tumpak Sidabutar/Tabloid NOVA