4 Ciri Khas Orang Indonesia Saat Liburan, Anda yang Mana?

By , Sabtu, 17 Juni 2017 | 07:45 WIB
Ada 4 kebiasaan unik orang Indonesia saat berlibur. Apa saja? (Nova)

Wisatawan Indonesia saat liburan ke luar negeri ternyata memiliki ciri khas yang hampir sama.

Menurut Founder Tourism Training Centre (TTC), Tedjo Iskandar jika disimpulkan ada empat ciri khas utama orang Indonesia yang berwisata di luar negeri, seperti berikut:

1. Sering telat

Jarang tepat waktu adalah ciri khas utama wisatawan Indonesia. "Untuk travel agent luar negeri yang ingin mengurus wisatawan Indonesia, orang Indonesia susah buat on time. Terbilang santai," kata Tedjo pada pihak pariwisata Chengdu.

Sama halnya dengan Tedjo, Robin dari Sichuan Dinglong Internasional Travel yang mengurus wisatawan di Chengdu mengatakan orang Indonesia terbilang santai saat sedang berwisata. Padahal, biasanya orang Indonesia memeiliki jadwal perjalanan yang sangat padat.

Baca: 7 Langkah Cepat Hilangkan Capek Setelah Liburan

2. Doyan belanja

Bukan rahasia lagi jika orang Indonesia suka berbelanja saat di luar negeri. Tedjo mengatakan barang bermerek, fashion, dan oleh-oleh jadi komoditi kegemaran orang Indonesia. Alangkah lebih baik lagi jika barang belanja tersebut dapat ditawar sampai harga terendah.

3. Panduan yang sederhana

Tedjo mengatakan wisatawan Indonesia lebih suka mendengarkan penjelasan pemandu yang sederhana tanpa perlu cerita yang berbelit-belit.

Baca: Sebal Ponsel Gampang Lowbatt? Ini Cara Mudah Menghemat Baterai Saat Liburan

4. Suka swafoto

Kebiasaan swafoto atau berfoto selfie juga tak bisa dipisahkan dari wisatawan orang Indonesia.

"Tua ataupun muda, semua gemar swafoto," tutur Tedjo.

Kompas Travel