Oknum Pilot Diduga Mabuk, Citilink Akan Umumkan Hasil Tes

By nova.id, Rabu, 4 Januari 2017 | 09:07 WIB
Mantan pilot maskapai Citilink Indonesia usai diperiksa di Balai Laboratorium Narkoba BNN di Cawang, Jakarta Timur (nova.id)

Badan Narkotika Nasional (BNN) membenarkan telah memeriksa seorang pilot maskapai Citilink Indonesia yang saat ini telah dibebastugaskan. Pilot yang diperiksa itu diduga mabuk sebelum menerbangkan pesawat pada 28 Desember 2016.

Kepala Bagian Humas BNN, Komisaris Besar Polisi Slamet Pribadi mengatakan, pemeriksaan berlangsung mulai pukul 09.30 Rabu (4/1/2017) pagi.

"Kami membenarkan ada pemeriksaan assessment dan uji lab. Tadi itu (pilotnya) diantar dari manajemen Citilink," kata Slamet, di BNN, Cawang, Jakarta Timur, Rabu (4/1/2017).

Pilot berinisial TP itu selesai diperiksa pada pukul 13.58 WIB. Pemeriksaan assessment, kata Slamet, untuk mengetahui riwayat penggunaan zat narkotika oleh seseorang, kapan di pakai, berapa jumlahnya dan lainnya. Belum ada hasil apakah TP menggunakan narkotika atau tidak.

Di Lab BNN tersebut sampel rambut TP diambil untuk diperiksa. Hasil pemeriksaan hari ini, lanjut Slamet, baru akan diketahui tiga sampai empat hari ke depan. Namun, bukan BNN yang akan mengumumkan.

"Yang umumkan manajemen Citilink, secara teori dan prosedur begitu," kata Slamet.

BNN menambahkan, permintaan pemeriksaan ini atas inisiatif maskapai dan Kementerian Perhubungan.

Pilot Citilink itu diduga mabuk saat sebelum melakukan penerbangan dari Surabaya ke Jakarta pada 28 Desember lalu.

Robertus Belarminus / Kompas.com