Memilukan, Bocah Kecil Idap Gangguan Pernapasan Usai Ditelantarkan dan Ditinggal Pergi Sang Bunda

By nova.id, Kamis, 5 Januari 2017 | 05:32 WIB
Soni (16) dan Marcel (3), anak yang ditinggal orangtua di Perumahan Bugel Mas Indah, Tangerang (nova.id)

M, Ibu dari Soni (16) dan Marcel (3), disebut sudah dua kali meninggalkan kedua anaknya. Informasi itu didapat dari Eva Rosiana, tenaga pelaksana gizi Puskesmas Bugel, Tangerang.

Eva bercerita dia pertama kali tahu kondisi Marcel pada pertengan 2015. Saat itu dia mendapat laporan dari RT setempat bahwa Marcel mengidap gangguan pernapasan.

Marcel ketika itu sudah ditinggal pergi sang ibu dan hanya dirawat oleh Soni dan Desi, adik ibunya yang mengidap gangguan mental.

Eva dan sejumlah pihak memutuskan untuk membawa Marcel ke rumah sakit. Di sana Marcel diberikan perawatan sekaligus perbaikan gizi.

Baca juga: Ditinggal Orangtua, Anak 16 Tahun Banting Tulang Nafkahi Sang Adik

Setelah membaik, Marcel rencananya akan dibawa ke panti asuhan. Namun saat itu M, ibu Marcel, yang tengah hamil datang dan meminta Marcel dan Soni kembali diurus oleh dia.

"Tapi setelah dia melahirkan, Soni dan Marcel tidak diurus lagi, ditinggal," kata Eva , di Bugel Mas Indah, Tangerang, Rabu (4/1/2017).

Sejak itu, Eva mengatakan, pihak Puskesmas Bugel pun rutin memberikan bantuan makanan berupa susu dan biskuit kepada Marcel dan Soni.

Pada Selasa (3/1/2017), dia kembali mendengar Marcel dan Soni menjadi bahan pemberitaan di media sosial. Dia beserta Puskesmas Bugel dan pihak kelurahan bergegas ke rumah tersebut untuk menangani Marcel.

Eva pun menyayangkan kondisi Marcel yang tak diberikan perhatian oleh keluarga, terutama sang ibu yang memilih meninggalkan kedua anaknya.

"Saya bersyukur dan berharap Marcel dan Soni bisa dirawat di panti asuhan agar bisa lebih baik. Sementara untuk Desi diberikan pengobatan karena ada gangguan mental," ucap Eva.

Kahfi Dirga Cahya / Kompas.com