Tambah Sehat, 5 Jenis Olahraga yang Gampang Dilakukan Jelang Buka Puasa

By nova.id, Rabu, 7 Juni 2017 | 07:30 WIB
7 Kesalahan yang Biasa Anda Lakukan Sehabis Olahraga (nova.id)

Melakukan aktivitas fisik baik di rumah atau di luar rumah, bermanfaat membuat bahagia dan menyehatkan badan. Pilih aktivitas yang sederhana, murah, dan mudah dilakukan sendiri ataupun bersama keluarga.

Olahraga dan aktivitas fisik adalah cara yang baik untuk meningkatkan kesehatan. Setidaknya lakukan selama 150 menit per minggu untuk latihan intensitas sedang, atau 75 menit per minggu untuk olahraga berat.

Namun, untuk momen puasa seperti sekarang, sebaiknya lakukan 1 jam sebelum berbuka puasa. Dan lakukan dalam intensitas sedang cenderung ringan.

(Baca: Mau Perut Kencang dan Rata dengan Cepat? Lakukan 3 Kombinasi Gerakan Berikut)

Lakukan kombinasi latihan, seperti berlari, berjalan atau berenang. Imbangi dengan memakai alat, namun sesuaikan dengan usia. Jika Anda memiliki masalah kesehatan kronis, seperti penyakit jantung dan diabetes, konsultasi dengan dokter sebelum memulai program latihan.

Tak punya banyak waktu? Ada juga beberapa aktivitas fisik yang sederhana, mudah, dan menyehatkan yang dapat dilakukan tanpa harus menyita banyak waktu: 

1.Berjalan Kaki

Salah satu jenis olahraga sederhana yang dapat dilakukan setiap harinya. Jika jarak tempat bekerja cukup dekat, ada baiknya berjalan kaki ke tempat kerja.

(Baca: 5 Cara Olahraga Jalan Kaki yang Benar Supaya Tubuh Cepat Kurus)

2.Berlari

Olahraga ini tidak sulit dilakukan. Luangkan waktu di pagi hari karena olahraga ini sangat baik untuk masa otot dan membakar kalori dalam tubuh.

3.Push/Sit Up

Gerakan ini tidak terlalu banyak menyita waktu dan dapat dilakukan di sela-sela aktivitas setiap hari. Manfaatnya untuk membakar kalori tubuh dan membuat tubuh bugar serta mampu membentuk otot tubuh.

(Baca: Psst, Rajin Push Up Bisa Memperbesar Payudara, Lo!)

4.Senam

Jika diiringi music, olahraga ini makin menyenangkan dilakukan setiap harinya. Senam dapat dilakukan semua orang di berbagai jenjang umur dari anak-anak hingga lansia. Manfaatnya sangat baik untuk kesehatan tubuh dan menjaga kebugaran setiap harinya.

5.Bersepeda

Lakukan pagi hari atau di akhir pekan. Sekarang banyak yang pergi bekerja dengan naik sepeda. Manfaatnya sangat baik untuk menjaga kondisi kesehatan dan kebugaran tubuh. 

(Baca: Sekali Gowes, Bersepeda Datangkan 5 Manfaat Kesehatan. Apa Saja?)