Umur 3 Tahun dan Pandai Berhitung, Ayu Dewi Ungkap Rahasianya Mendidik Anak

By nova.id, Rabu, 18 Januari 2017 | 03:00 WIB
Cara Ayu Dewi Mendukung Kepintaran Si Kecil (nova.id)

Ibu mana yang tak ingin melihat pesatnya pertumbuhan si buah hati? Hal itu juga yang sangat diharapkan oleh presenter cantik, Ayu Dewi.

Aqilah Dewi Humairah, putri kesayangan yang kini berusia 3 tahun 9 bulan, sudah menunjukkan perkembangan yang sangat membanggakan.

“Dia itu udah bisa tulis namanya sendiri, Aqilah, gitu. Bisa ngitung, misalnya 2 + 3 atau 1+ 4, (bilangan) yang bisa dihitung sama dua tangannya. Menstimulasi anak memang enggak boleh tanggung-tanggung, tapi juga enggak boleh maksain, ya,” cerita Ayu soal tumbuh kembang buah hatinya.

Ayu tak ingin menyia-nyiakan kesempatan mengasah kecerdasan anak di masa periode emas.

Untuk itu, ia selalu berusaha memberi stimulasi yang tepat dan menyenangkan bagi buah hatinya. Salah satunya melalui lagu.

Baca: Ayu Dewi Ajarkan Anak Ramah Lingkungan Sejak Dini

“Stimulasi dikenalkan secara fun. Di mobil, nyanyi-nyanyi. Aku kenalin lagu-lagu daerah. Anakku suka lagu Soleram, Tokecang. Sambil nyanyi, sambil tanya-tanya, milsalnya 2 + 3 berapa? Ayo dihitung,” kata istri Regy Datau itu.

Salah satu upaya lain Dewi memberi menstimulasi Aqilah adalah memasukkan Aqilah ke sebuah tempat les memori sejak setahun belakangan ini. Hal ini ia lakukan untuk mengasah memori dan keseimbangan otak anaknya.

“Mengasah otak kiri dan otak kanan biar balance sudah dimulai dari dia umur 2 atau 1,5 tahun. Di sana dikenalin numbers, dalam bahasa Inggris. Di situ hanya boleh ditemenin sama keluarga, misalnya ayah-ibu, kakek-nenek. Enggak boleh sama nanny.  Tujuannya untuk bonding, kan. Jadi orangtua sama anak timbul kepercayaan satu sama lain,” kenang Ayu.

Selain belajar di tempat les, Aqilah juga diajari berbagai hal oleh Ayu dan keluarga, seperti belajar membaca, bermain dengan flash card dan puzzle, menulis, berhitung, juga mewarnai gambar. Berbagai upaya dilakukan Ayu sejak usia dini agar anaknya tumbuh menjadi anak yang cerdas.

“Dulu aku pikir stimulasi anak itu harus sesuai porsi anak, yang simple-simpel. Tapi ternyata enggak, anak ternyata juga bisa diajarin yang tingkatnya advance. Diajarin kata-kata yang susah pun enggak apa-apa karena akan menimbulkan keingintahuan dan pertanyaan, menimbulkan banyak pelatihan asal dilakukan dengan fun,” tambahnya.

BACA: Ayu Dewi Ungkap Pengakuan Raffi Ahmad

Berkat les memori, Ayu merasa anaknya mengalami perkembangan yang luar biasa. Aqilah yang gemar bermain menyusun puzzle ini juga sudah mulai menjalani psikotes untuk masuk Taman Kanak-kanak (TK).

“Dari hasil psikotes masuk TK, di umur Aqila 3 tahun 9 bulan ternyata punya kemampuan setara anak umur 5 tahun 1 bulan,” ungkap Ayu sambil berpesan agar para orangtua juga harus peka terhadap perkembangan di dunia parenting.

“Pertama, harus peka sama anak kita. Jangan nganggep dia anak kecil terus yang bisa dikasih alasan yang gampang aja. Dia manusia juga, meski otaknya kalau enggak salah masih ¼ dari orang dewasa, tapi dia punya hak untuk berkembang. Kita sebagai orangtua harus cari tahu ada update apa di luar sana soal parenting. Begitu tahu, kita harus kasih ke anak kita karena kita kan pengin punya anak yang cemerlang masa depannya. Itu berangkat dari orangtuanya. Jangan cuma update soal berita politik, online shop, dan lifestyle aja, ha ha ha.”

Wida Citra Dewi/Tabloid NOVA