Kapan Waktu dan Usia yang Tepat Ajak Si Buah Hati Berenang?

By , Selasa, 24 Januari 2017 | 09:45 WIB
Penjelasan Dokter Soal Waktu dan Usia yang Tepat Ajak Si Kecil Berenang. (Nova)

Berenang bersama anak merupakan momen yang menyenangkan. Apalagi jika berenang dilakukan di akhir pekan bersama anggota keluarga lainnya sembari menghabiskan waktu santai di akhir pekan.

Namun, sebelum Anda merencanakan kegiatan berenang bersama si buah hati, ada beberapa pertimbangan yang sebaiknya dilakukan. Salah satunya mengenai waktu dan usia yang tepat mengajak anak berenang.

Ini penjelasan Dr. Tania Nilam Sari, SpA pada tabloidnova.com soal waktu dan usia mengajak anak berenang yang tidak boleh sembarangan.

Baca: Benarkah Berenang Bisa Membuat IQ tinggi?

"Bayi sudah dapat diajak berenang bahkan dari usia berkisar 3-4 bulan. Tepatnya saat bayi kuat menahan lehernya untuk tegak, dapat dikenalkan berenang," kata Dr. Tania pada Selasa (24/1/2017).

Lebih lanjut, diakui Dr. Tania, bahwa memperkenalkan olahraga berenang pada buah hati tercinta memang memiliki banyak sekali manfaat. Salah satunya ialah membuat anak semakin percaya diri di usia dini. Manfaat berenang bagi anak lainnya ialah meningkatkan tingkat intelegensi anak.  

Baca: Kapan Bayi Bisa Diajak Berenang?

Tapi, penting untuk diperhatikan bahwa selain memperhatikan usia, hal lain yang harus diperhatikan ketika mengajak anak berenang untuk pertama kali adalah faktor cuaca.

Cuaca yang terlalu panas tak dianjurkan mengajarkan anak berenang, begitu juga jika cuaca hujan atau terlalu dingin. Lantas, kapan cuaca terbaik untuk mengajak buah hati kita berenang?

Baca: Yakin, Si Kecil Sudah Siap Diajak Berenang?

"Sebaiknya saat pagi atau sore di saat udara tidak terlalu panas atau hujan atau udara dingin di sore hari," saran Dr. Tania.