Mengapa Pangeran William Tidak Memakai Cincin Kawin?

By , Rabu, 25 Januari 2017 | 06:31 WIB
Pangeran William dan Kate Middleton (Nova)

Sejak menikah dengan Duchess of Cambridge, Kate Middleton, pada bulan April 2011, Pangeran William (34) memilih untuk tidak mengenakan cincin pernikahan. Dan alasannya sangat sederhana.

William tidak memakai cincin kawin karena tak suka mengenakan perhiasan apapun. Keputusannya itu sebenarnya pertama kali diumumkan sesaat sebelum upacara pernikahan di Westminster Abbey.

William  bukan satu-satunya anggota laki-laki dari keluarga kerajaan yang melakukan hal itu. Meski menikah dengan Ratu selama hampir 70 tahun, Pangeran Philip juga tidak pernah mengenakan cincin kawin. Ayah William, Pangeran Charles,  tidak memakai sebelah cincin di jari kelingking tangan kirinya.

Baca juga: Pangeran William Punya Trik Tenangkan Anaknya yang Rewel

Tradisi wanita mengenakan cincin pernikahan berawal dari zaman  Mesir kuno. Sebagian kecil pengantin laki-laki pun akhirnya mulai melakukan hal yang sama.

Perang Dunia II diperkirakan telah memicu pergeseran seismik, dengan banyak orang-orang Barat berjuang di luar negeri memilih untuk memakai cincin sebagai pengingat istri dan keluarga mereka.

Cincin kawin biasanya dikenakan pada jari keempat tangan kiri karena kepercayaan kuno yang ada bahwa pembuluh darah vena mengalir langsung dari jari ke jantung. Orang-orang Romawi menyebutnya 'vena amoris' atau 'vena cinta'.

Dilansir tabloidnova.com dari Hellomagazine, istri William, Kate Middleton, tidak mengenakan cincin kawin yang terbuat dari emas dan diambil dari tambang Clogau St David di Bontddu di utara Wales.

Emas dari tambang Clogau St David telah digunakan untuk sejumlah pernikahan kerajaan, termasuk untuk Ratu, Ibu Ratu dan Diana, Princess of Wales.

Baca juga: Kate Middleton dan Pangeran William Pamer Foto Terbaru Putri Charlotte