Trik Gampang Menjadi Vegetarian Sehat

By nova.id, Kamis, 26 Januari 2017 | 07:00 WIB
Turunkan Berat Badan Dengan Diet Vegetarian (nova.id)

Tabloidnova.com- Pola makan vegetarian atau tidak mengonsumsi daging sudah menjadi gaya hidup sebagian masyarakat. Mereka memiliki alasan yang kuat mengapa memilih tak lagi mengonsumsi daging. Salah satu alasannya adalah faktor kesehatan.

Menjadi vegetarian harus pandai menyiasati nutrisi yang tidak diperoleh dari daging, sehingga asupan gizi, utamanya zat besi, tetap tercukupi.

Kandungan zat besi terbaik ada di dalam daging sapi, ayam dan hati. Sehingga para  vegetarian harus mencari sumber lainnya untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

"Telur bukan sumber zat besi , sehingga kebutuhan ini tidak bisa digantikan oleh telur. Vegetarian bisa mengonsumsi kacang kedelai, buah bit yang tinggi besinya," anjur  dr. Tirta Prawita Sari, M.Sc. Sp.GK.,  saat ditemui di Rumah Sakit Umum Pertamina (RSPP), Jakarta Selatan.

Kuncinya bukan seberapa banyak jumlah zat besi dalam makanan, melainkan apakah jenis makanan itu mudah diserap tubuh atau tidak.

Sehingga para vegetarian harus mengonsumsi makanan yang mengandung unsur lain untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya. Misalnya banyak mengonsumsi vitamin C yang terdapat pada buah-buahan.

"Sumber lain harus dipenuhi, seperti vitamin C. Kalau si vegeratian makan buah bit, maka harus ditambah jeruk," imbuhnya.

Kurangnya zat besi akan membuat rentan anemia dan kekurangan asupan vitamin B12. Karenanya, pastikan mengonsumsi sumber makanan pengganti yang mengandung zat besi dan vitamin.

Menda Clara Florencia