Tips Menyikat Gigi yang Benar dan Aman Bagi Ibu Hamil dari Dokter Spesialis

By , Selasa, 31 Januari 2017 | 06:00 WIB
Tips Menyikat Gigi yang Benar dan Aman Bagi Ibu Hamil dari Dokter Spesialis (Nova)

Keluhan saat hamil dengan risiko gusi berdarah sering kali dialami oleh perempuan saat sedang mengandung. Pasalnya, ketika hamil, jumlah plak pada gigi dan gusi meningkat. Hal ini memicu radang pada gusi yang akhirnya menyebabkan gusi menjadi berdarah.

Selain itu, rasa malas berlama-lama menggosok gigi juga sering dialami ibu hamil. Ini disebabkan rasa mual yang berlebih saat masa kehamilan. Tidak heran, kondisi ini memicu tingginya risiko gangguan mulut dan gusi yang sering menyerang para ibu hamil.

Kepada tabloidnova.com, drg. Mira Madjid, MPH Sp Perio yang merupakan dokter gigi spesialis jaringan gusi dan penyangga gigi berbagi tips cara menyikat gigi yang benar dan aman bagi ibu hamil.

Baca: 5 Masalah Gigi dan Mulut yang Kerap Dialami Ibu Hamil

"Jadi kalau bersihin gigi saat hamil itu harus betul-betul dilakukan dengan baik dan benar, karena bisa membahayakan. Caranya seperti apa? Ya, harus dilakukan beraturan. Misalnya gigi atas, dilakukan menyikat searah, dari atas ke bawah. Sementara gigi bawah, dari bawah keatas. Jadi tidak asal, atau di ureg-ureg," ujar drg. Mira saat ditemui oleh tabloidnova.com di acara Grand Opening Amara Skin & Aesthetic Center, RSU Bunda Jakarta, Senin (30/1/2017).

Menurut dokter yang praktek di RSU Bunda, Menteng, Jakarta Selatan tersebut, membersikan gigi saat hamil sangat wajib dilakukan. Tidak perlu lama-lama, asalkan dilakukan secara benar dan sampai bersih.

Baca: Perawatan Gigi Paling Aman Saat Trimester Kedua Kehamilan

Ditambahkannya lagi, faktor yang tidak kalah pentingnya ialah memilih sikat gigi yang ideal untuk mengoptimalkan kebersihan gigi. Sayangnya, kebanyakan orang membeli sikat gigi yang berbulu keras agar gigi mudah dibersihkan. Namun, cara menyikat gigi ini tak dibenarkan bagi ibu hamil.

"Nah kalau sikat gigi. Pakailah sikat yang bulunya halus. Kenapa? Agar bisa menyikat plak yang ada pada gigi, termasuk gusi. Karena yang disikat tak hanya gigi, tapi gusi juga," jelas drg. Mira soal tips menyikat gigi yang benar dan aman bagi ibu hamil.

Baca: Malas Sikat Gigi Saat Hamil Picu Risiko Radang Gusi Hingga Tumor

Selain itu, menyikat gigi juga harus sampai ke bagian tertentu, jadi tidak hanya gigi depan, tapi gigi di bagian belakang pun tak luput dari pembersihan.

"Ini yang harus diperhatikan, kebanyakan ibu hamil menyikat gigi buru-buru, selain tidak terarah, menyikat gigi juga jarang mencapai gigi graham paling akhir. Padahal, plak dan kuman banyak bersarang di sana. Lalu solusinya bagaimana? Gunakan sikat yang ujungnya kecil, kalau perlu gunakan sikat anak-anak biar menjangkau gigi paling dalam di mulut. Dengan begitu, gigi menjadi bersih," sarannya panjang lebar.

Baca: Calon Ibu Jangan Sepelekan Gusi Berdarah Saat Hamil, Ini Bahayanya

Sementara itu, mengenai kebiasaan kumur-kumur untuk membersihkan kuman bakteri dan menyegarkan bau mulut, drg. Mira menganjurkan sebaiknya menggunakan air mineral saja.

"Lebih baik non alkohol kalau kumur-kumur, karena bisa menyebabkan gusi kering," tutupnya.