Perut Kencang Usai Melahirkan, Ini yang Harus Dilakukan

By nova.id, Rabu, 1 Februari 2017 | 05:15 WIB
Riset: Perut Berlemak Tetap Berisiko Kematian Meski Berat Tubuh Normal (nova.id)

Usai melahirkan umumnya perempuan mendambakan perut kencang secepatnya.  Perut kendur pascapersalinan disebabkan otot perut yang tegang selama kehamilan mendadak berubah setelah melahirkan.

"Pasca melahirkan, otot perut yang tegang untuk waktu panjang yakni 9 bulan, menjadi kendur. Tak hanya otot,  terkadang kulit juga. Tapi itu bukan selulit, melainkan stretch mark," jelas dr. Michael Triangto, SpKO., kepada nova.id.

Selama masa kehamilan, pergerakan tubuh ibu hamil sangat terbatas, yang mengakibatkan otot cenderung kaku. Supaya perut kencang seperti sediakala, berikut dua hal yang bisa dilakukan:

Makan Bergizi Seimbang

Pasca persalinan, ibu menyusui harus mengonsumsi makanan dalam jumlah cukup dan bergizi seimbang. Sekalipun berat badan belum kembali dan perut masih kendur, bukan berarti harus diet membatasi makanan.

“Supaya perut kembali kencang bukan dengan membatasi makan. Itu salah,” tegasnya

Melatih Otot Perut

Selanjutnya lakukan latihan otot perut. Selain melakukan olahraga ringan dan beberapa gerakan yang bertujuan supaya otot perut kencang, ada juga yang memilih cara tradisional, yakni memakai gurita untuk mengikat perut.

"Orang tua dahulu menganjurkan memakai gurita, tujuannya mengistirahatkan dan menarik otot perut agar rileks. Sebab kalau menggantung jadi enggak rileks dan kembali ke posisi awalnya. Selanjutnya lakukan olahraga dan  atur kompisisi makan," tutupnya.

Menda Clara Florencia