#29CaraCantik: Rajin Bersihkan Wajah Demi Kulit Cantik Bebas Komedo dan Jerawat

By , Rabu, 1 Februari 2017 | 05:30 WIB
#29CaraCantik: Rajin Bersihkan Wajah Demi Kulit Cantik Bebas Komedo & Jerawat (Nova)

Sahabat NOVA, tahukah Anda bahwa wajah yang cantik diawali dari kulit yang sehat?

Ya, banyak perempuan mengabaikan kesehatan kulitnya. Anggapannya, cukup dengan memakai riasan kosmetik saja, wajah sudah terlihat cantik, kok. Padahal, kulit yang bebas keluhan justru mampu menyempurnakan hasil riasan wajah.

Bicara soal kulit cantik, Anda tak boleh mengabaikan fase penting dari tampilan wajah mulus dan sehat yang satu ini. Ya, tahapan membersihkan wajah merupakan kebiasaan yang terdengar sederhana tapi ternyata punya sejuta manfaat demi kulit Anda. Seperti halnya panduan pertama #29CaraCantik dari tabloidnova.com .

Jadi, mulailah menjaga kecantikan dari hal paling dasar yang nantinya dijamin akan berpengaruh besar pada setiap aplikasi kecantikan yang Anda terapkan di wajah.

Tapi, mengapa membersihkan wajah itu amat penting bagi kecantikan kulit?

Manfaat membersihkan wajah Pertama, membersihkan wajah dengan air hangat mampu membuka pori-pori wajah yang sebelumnya telah tertutup oleh zat kimiawi dari kosmetik maupun kuman, debu dan bakteri yang menempel setelah Anda seharian beraktivitas.

Kedua, membersihkan wajah mampu melunturkan minyak atau sebum yang dihasilkan baik dari produksi kelenjar keringat maupun dari kegiatan sehari-hari Anda.

Ketiga, membersihkan wajah dengan air yang sejuk bermanfaat menyegarkan kulit wajah sekaligus menyapu sisa kotoran yang masih menempel.

Membersihkan wajah itu repot, nggak sih? Ah, siapa bilang? Sebagai langkah awal, pilihlah sabun pembersih sesuai jenis kulit wajah. Khusus kulit normal bisa menggunakan produk apapun. Untuk kulit sensitif, gunakan sesuatu yang lembut dan tidak memicu jerawat. Sementara, untuk kulit berminyak, maka bisa memilih pembersih wajah yang bisa mengangkat minyak sampai ke pori-pori wajah serta mencegah komedo.

Penting untuk menghindari penggunaan sabun wajah yang keras yang dapat mengikis minyak alami kulit.

Ingat, membersihkan wajah tidak boleh asal, lo! Lakukan gerakan ke atas mulai di tengah wajah, bergerak ke luar dan ke atas. Jangan lupakan daerah leher, bersihkan dengan gerakan ke atas, dari arah bawah leher ke arah dagu. Dengan cara demikian kulit wajah Anda tidak mudah kendur.

Selalu terapkan gerakan yang lembut, pasalnya membersihkan wajah dengan keras dan dengan cara menggosok, hanya membuat kulit merah dan iritasi.  Sedangkan iritasi berulang memungkinkan terjadinya peradangan dan infeksi pada kelenjar lemak, sehingga menimbulkan jerawat.

Setelah mencuci muka, keringkan menggunakan handuk lembut dan gunakan toner bebas alkohol untuk menormalkan kembali ph balance kulit, serta mengecilkan pori-pori. Setelah itu gunakan pelembap untuk melembapkan dan mengunci kelembapan alami kulit. Hindari mengeringkan wajah dengan mengangin-anginkannya, karena kadar air dan pelembap alami pada kulit akan ikut menguap. Hasilnya kulit menjadi kesat dan kering.