#29CaraCantik: Manfaat Serum Agar Rambut Bebas Kering dan Rontok

By , Minggu, 5 Februari 2017 | 04:30 WIB
#29CaraCantik: Manfaat Serum Agar Rambut Bebas Kering dan Rontok (Nova)

Sahabat NOVA, rambut yang sehat dan cantik bisa Anda mulai sendiri dengan perawatan rumahan secara rutin. Ikuti panduan #29CaraCantik dari Nova.id dengan rajin mengaplikasikan serum rambut demi menjaga kilau mahkota Anda.

Segudang aktivitas, polusi, sinar matahari, hingga gaya hidup kurang sehat membuat rambut membutuhkan perawatan ekstra. Belum lagi jika Anda kurang tepat memilih perawatan rambut atau sering melakukan styling rambut yang tanpa disadari membahayakan kondisi kesehatan rambut, seperti menggunakan flat iron, curling iron, atau hair dryer. Alhasil, segudang masalah seperti ketombe atau rambut rontok segera menghampiri.

Menjaga keindahan rambut dapat dilakukan dengan memilih perawatan rambut yang sesuai kebutuhan. Selain memilih sampo dan kondisioner, Anda juga memerlukan satu asupan vitamin untuk rambut yang dinamakan serum rambut.

Pentingnya Serum Rambut Bagaikan perisai, serum dapat melindungi rambut dari faktor-faktor pemicu kerusakan, seperti polusi, debu, serta sinar matahari.

Manfaat serum rambut adalah membuat rambut menjadi lebih mudah diatur, kadar minyak di kulit kepala lebih terkontrol, serta mengembalikan kilau rambut sehat Anda. Kandungan serum yang memiliki banyak nutrisi membantu mengikat protein dalam helai rambut sehingga akar menguat dan batang rambut lebih sehat.

Tak perlu khawatir rambut menjadi lepek karena serum rambut dapat melembapkan tanpa efek lengket. Serum justru melindungi rambut walaupun di-styling setiap hari, seperti dikeringkan dengan hair dryer, menggunakan flat/curling iron, di- smoothing atau rebonding, hingga diwarnai.

Sesuai Jenis Rambut Sama halnya dengan sampo dan kondisioner, pemakaian serum pun harus disesuaikan dengan kondisi dan jenis rambut. Pilihlah serum yang tekstur ringan dan lembut sehingga dapat menyerap sempurna ke batang rambut. Bagaimana saja tips menggunakan serum sesuai jenis rambut? Serum untuk Rambut Kering Untuk rambut kering, gunakan serum yang soft dan saat mengaplikasikan jangan sampai terkena kulit kepala. Serum untuk Rambut Berketombe Rambut berketombe sebaiknya menggunakan serum rambut khusus yang memang dapat langsung dioles ke kulit kepala sebelum keramas, lalu setelah sekitar 20 menit cuci bersih rambut menggunakan sampo yang sesuai.

Serum untuk Rambut Bercabang Sedangkan untuk rambut bercabang, gunakan serum rambut perlahan pada batang rambut. Selain itu, ada juga beberapa tips memakai serum rambut agar manfaatnya lebih maksimal: 1.    Sebelum menggunakan hair dryer atau flat/curling iron, dalam kondisi rambut setengah basah, oleskan serum rambut merata dari batang bagian tengah hingga ujung rambut. Biarkan hingga meresap sempurna. Ingat, jaga jarak rambut dengan hair dryer 15-20 cm untuk menghindari kekeringan rambut. 2.    Jangan gunakan serum rambut pada kulit kepala, terutama untuk jenis rambut berminyak. Terkecuali serum-serum khusus yang memang harus dioles di kulit kepala, biasanya untuk rambut berketombe. 3.     Gunakan serum rambut dalam kondisi rambut bersih sehingga hasilnya lebih optimal. 4.    Setelah menggunakan serum, tak perlu melakukan pemijatan berlebihan sebab kandungan minyak pada kulit kepala justru akan berlebihan. 5.    Gunakanlah serum setiap hari, sebelum dan setelah styling, agar rambut tetap sehat terawat dan tatanan rambut tetap bertahan seharian.