#29CaraSehat: Manfaat Tes Profil Lipid untuk Hindari Serangan Jantung Akibat Kolesterol

By Ade Ryani HMK, Sabtu, 4 Februari 2017 | 06:30 WIB
#29CaraSehat: Manfaat Tes Profil Lipid untuk Hindari Serangan Jantung Akibat Kolesterol (Ade Ryani HMK)

Dewasa ini, gaya hidup memicu banyak penyakit yang menghampiri usia muda. Tak lagi di atas 40 tahun, kadar kolesterol tinggi justru dialami mereka yang berusia 20-30 tahun.

Sebagai parameter ideal, kadar kolesterol tinggi berada di atas 200 mg/dL. Dan perlu dibedakan angka kolesterol jahat atau  low density lipoprotein (LDL) memiliki batas 130 mg/dL. Sedangkan kolesterol baik atau high density lipoprotein (HDL) di atas 60 mg/dL, dan trigliserida kurang dari 150 mg/dL.

Baca: #29CaraSehat : Rutin Pap Smear 1 Kali Setahun, Cegah Kanker Serviks pada Perempuan

Kondisi ini disebabkan makanan yang tinggi lemak dan metabolisme organ hati yang mencerna kolesterol atau lipid itu sendiri. Tapi, ada pula orang yang gaya hidupnya sehat, memiliki kadar lipid yang tinggi. Hal itu disebabkan adanya gangguan metabolisme lipid yang dikaitkan dengan kerja organ hati.

Maka, setiap orang, perempuan maupun laki-laki wajib melakukan pemeriksaan kadar kolesterol secara rutin. Minimal sekali setahun. Dan, diimbangi dengan pola makan sehat, olahraga dengan intensitas yang benar serta istirahat yang teratur.

Sebab kolesterol memicu timbulnya plak pada pembuluh darah sehingga membuat penyempitan hingga penyumbatan di pembuluh darah. Akibatnya, bisa ditebak, serangan jantung rentan terjadi disertai komplikasi lainnya.

Baca: #29CaraSehat: Tes Hematologi Lengkap Bantu Mengetahui Kualitas Kesehatan Tubuh

Pemeriksaan kolesterol atau profil lipid dianjurkan untuk mengukur kadar lemak dalam darah seseorang. Hasil tesnya bisa menentukan apakah seseorang berpotensi atau telah terserang penyakit kardiovaskular, pankreatitis, dan diabetes.

Selain mengukur kadar kolesterol dalam darah, tes profil lipid juga bertujuan mengukur jenis lemak dalam LDL, HDL, dan trigliserida yang menjadi sumber tenaga di tubuh.

Pemeriksaan lemak berguna untuk memeriksa potensi kadar darah lemak abnormal mengingat banyak pola makan tinggi kolesterol dan kurang gerak dalam keseharian individu di era modern ini.

Baca: #29CaraSehat: Yuk, Rutin Periksa Payudara Sendiri di Rumah dengan 4 Cara Ini

Lalu, siapa saja yang wajib melakukan tes profil lipid?

Orang dewasa dengan riwayat penyakit jantung, diabetes, kelainan kelenjar tiroid, memiliki obesitas, dan hipertensi wajib melakukan rutin tes ini. Begitu juga dengan mereka yang berusia di atas 45 tahun.    

Sebelum menjalani tes profil lipid, sebaiknya puasa dulu 9-12 jam sebelum pengambilan darah di laboratorium.