Gonta-ganti Skincare Merusak Kulit Wajah, Cegah dengan Lakukan 3 Hal Ini Sebelum Membeli

By nova.id, Selasa, 7 Februari 2017 | 10:45 WIB
Benarkah Keseringan Cuci Muka Malah Bisa Memicu Jerawat? (nova.id)

Memiliki kulit wajah yang bersih, mulus, dan bersinar adalah dambaan setiap perempuan. Beragam cara pun dilakukan untuk merawat kulit agar tampil cantik dan sehat. Selain dengan asupan bergizi sebagai perawatan dari dalam, juga dengan menggunakan produk skincare yang melindungi kulit dari luar.

Namun, sayangnya tak semua jenis produk skincare cocok dengan tipe kulit perempuan Indonesia. Yang banyak terjadi, wajah semakin berjerawat atau malah tampak kusam karena formulanya tak cocok dipakai.

Baca; 4 Skincare Wajb Bagi Perempuan yang Gemar Berolahraga

Penyebab utamanya, karena perempuan kebanyakan sering bergonta-ganti produk kecantikan akibat 'latah' alias ikut-ikutan temannya atau tergiur iklan. Padahal, setiap orang memiliki jenis kulit dan problem yang berbeda-beda.

Agar tak salah pilih lagi, dr. Sari Chairunnisa, Sp, KK.  berbagi tips berguna cara memilih produk skincare yang cocok untuk tipe kulit wajah Anda.

1. Kenali tipe kulit wajah

Merawat kulit sebenarnya merupakan kegiatan mudah dan sederhana, asalkan hal ini dilakukan secara konsisten. Menurut dr. Sari, hal pertama yang harus dilakukan yakni mengenali jenis kulit pada wajah.

“Pertama harus tahu dulu, apa jenis kulit wajah kita. Apakah tipe kulit yang berminyak, kombinasi, kering atau normal? Dengan mengetahui hal tersebut, akan memudahkan kita memilih produk perawatan yang tepat,” ungkapnya.

Baca: 5 Tips Menghemat Pengeluaran Belanja Produk Skincare di Awal Tahun

Menurutnya, ada beragam cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengenali tipe wajah kita tanpa harus pergi ke dokter. Caranya yakni dengan melihatnya saat bangun tidur.

“Bangun tidur itu menggambarkan wajah kita yang asli, karena wajah dalam keadaan yang bersih dan tidak menggunakan apapun."

Jenis kulit berminyak ditandai dengan wajah yang licin dan mengkilap saat bangun tidur. Tipe kombinasi cirinya yakni wajah mengeluarkan minyak di area dahi, hidung dan dagu, sedangkan sisanya kering. Tipe kering ditandai dengan wajah yang bersisik dan tipe normal ditandai dengan wajah yang tidak bermasalah.

Baca: 6 Cara Mudah Kecilkan Pori-pori Wajah

2. Mengidentifikasi masalah kulit wajah

Dr. Sari juga mengungkapkan bahwa hal lain yang harus diperhatikan sebelum memilih skincare adalah dengan mengidentifikasi masalah pada kulit wajah, meskipun memiliki tipe kulit yang sama. Hal ini dilakukan karena setiap orang pasti memiliki masalah kulit yang berbeda-beda.

“Masalah yang dihadapi orang dengan tipe kulit yang kering bisa saja berbeda. Misalnya, yang satu ternyata bermasalah dengan kerutan yang muncul lebih dini, lalu yang satu lagi masalahnya adalah flek hitam dan bruntusan. Jadi, harus tahu permasalahan utamanya,” jelas dr. Sari.

Baca: Ketahui 5 Fakta Penting Perawatan Kulit Wajah

3. Kulit sensitif atau tidak

Hal lain yang tidak kalah penting yakni mengetahui apakah kulit wajah sensitif atau tidak. Hal ini dilakukan untuk menghindari beberapa bahan yang terkandung dalam skincare yang dapat membuat wajah semakin rusak.

“Kulit setiap orang pasti berbeda, misalnya lebih mudah merah dan bruntusan ketika menggunakan skin care baru.”

Laili Ira Maslakhah/Tabloid NOVA