Ini Cara Diet yang Benar dan Ternyata Gampang

By nova.id, Rabu, 8 Februari 2017 | 04:45 WIB
Tren diet 2016, mana yang sesuai dengan Anda? (nova.id)

Kata diet sudah sangat familiar di telinga kita. Tapi bagaimana cara diet yang benar? Seringkali karena ingin target segera tercapai, beberapa orang memilih melakukan diet ekstrem. Alih-laih mendapat tubuh ideal, yang terjadi justru terserang bermacam penyakit.

Diet yang benar bukan mengurangi jumlah makanan, tapi diet yang benar adalah mengatur pola makan.

"Diet itu pengaturan pola makan. Yang paling baik mengatur pola makan dan pola hidup. Bukan mengurangi jumlah makanan," tegas DR. Marudut Sitompul kepada Nova.id.

Baca: Pria dan Wanita Harus Diet dengan Cara Berbeda?

Semua orang boleh melakukan diet,  tidak ada kriteria khusus. Semua bentuk tubuh, atau orang dengan penyakit tertentu pun boleh menjalankan diet.

"Saya bertubuh gendut, boleh diet? Boleh. Saya bertubuh kurus, boleh diet? Boleh. Saya penderita diabetes, boleh diet? Boleh. Karena prinsip diet, kan, mengatur pola makan," katanya lagi.

Baca: Sehat dan Langsing dengan Tiga Metode Diet yang Lagi Tren

Berikut tiga cara diet yang benar seperti yang disarankan DR. Marudut Sitompul:

1. Manajemen Stres

Tinggal di kota besar membuat warganya rentan stres. Stres terbukti mengganggu metabolism tubuh. Sehingga hal pertama yang harus dilakukan adalah manajemen stres dengan baik.

2. Aktivitas Fisik

Idelanya setiap hari kita harus berolahraga. Olahraga membuat peredaran darah dalam tubuh lancar dan bermanfaat untuk kesehatan secara umum. Namun, apa jadinya kalau kesibukan sangat padat, sehingga tak sempat berolahraga secar rutin.

Tak masalah, lakukan aktivitas fisik yang nilainya setara olahraga. Misalnya, parkir kendaraan yang lokasinya agak jauh, sehingga mengharuskan kita berjalan kaki menuju tempat tujuan. Kurangi penggunaan lift atau escalator, pilih gunakan tangga.

3. Pengaturan Pola Makan

Kunci penting lainnya adalah pengaturan pola makan yang baik. Makanan yang baik adalah makanan yang memenuhi semua unsur gizi. Selain itu pola makan yang sehat juga memperhatikan jam makan. Makan tepat waktu akan mengurangi risiko penyakit akibat asam lambung yang meningkat. Selain itu, makan terlambat justru membuat nafsu makan meningkat.

Baca: 6 Kebiasaan Pagi Ini Membantu Turunkan Berat Badan 10 Kg Sebulan!

Menda Clara Florencia/Nova.id