Punya Kulit Sensitif? Jangan Melakukan Ini untuk Mengatasi Jerawat

By nova.id, Rabu, 8 Februari 2017 | 05:45 WIB
Tak Hanya Remaja, Jerawat Modern Bisa Dialami Siapa Saja! (nova.id)

Tahukah Anda kalau jerawat ternyata tidak hanya timbul saat usia puber. Perubahan gaya hidup pun memudahkan jerawat untuk muncul di usia dewasa. Selain itu bisa juga dipengaruhi hal lain mulai dari siklus menstruasi, naik turun hormon saat hamil, dan perubahan metode kontrasepsi.

Lalu bagaimana mencegah atau mengatasi jerawat dengan efektif?

1. Asupan sehat

Konsumsi makanan yang bernutrisi agar dapat membantu meregenerasi kulit. Misalnya sayur dan buah-buahan. Serta konsumsilah secara teratur.

Baca: Kenali Jenis Jerawat Anda dan Cara Penanganannya

2. Jagalah kebersihan tubuh

Bersihkan wajah dua kali sehari. Jika kulit Anda terbilang sensitif, hindari penggunaan scrub agar kulit tidak iritasi. Mandilah setelah Anda beraktifitas.

Bersihkan area-area seperti punggung, leher, dada, lengan. Dan jangan lupa untuk selalu menggunakan handuk yang bersih untuk membersihkan atau mengeringkan wajah.

Baca: 4 Manfaat Tak Terduga Bawang Putih Untuk Cegah Penuaan dan Jerawat

3. Krim sesuai keluhan

Gunakan krim jerawat, namun ada baiknya dikonsultasikan dahulu dengan dokter kulit agar diberi obat-obatan yang sesuai dengan takaran dan kondisi kulit Anda.

4. Kosmetik seperlunya

Hindari pemakaian kosmetik yang berlebihan. Jika diperlukan, aplikasikan saja kosmetik dengan tipis, terutama penggunaan alas bedak.

Baca: Duh, Susahnya Mengatasi Jerawat Batu!

5. Jangan lupa pakai tabir surya

Gunakan tabir surya saat hendak beraktivitas di luar ruangan dan kegiatan yang banyak terpapar sinar matahari hingga dapat membuat kulit wajah menjadi iritasi dan akhirnya meradang.  

Alvin Dwipayana

Kontributor/Nova.id