Manfaat Alami Segelas Teh Serai, Dari Usir Stres Hingga Obati Radang Tenggorokan

By nova.id, Kamis, 9 Februari 2017 | 03:00 WIB
Manfaat Alami Segelas Teh Serai, Dari Usir Stres Hingga Obati Radang Tenggorokan (nova.id)

Selain sebagai bumbu dapur yang dapat memperkaya rasa masakan, rempah-rempah ternyata juga memiliki kisah panjang menyangkut khasiatnya bagi kesehatan dan kecantikan tubuh.

Berikut diantaranya yang bisa Anda coba:

1. Detoks dengan kayu manis

Kayu manis mengandung zat eugenol (seperti senyawa dalam cengkeh) yang tinggi dan mempunyai manfaat antioksidan yang sangat tinggi, sehingga membantu tubuh untuk membuang radikal bebas, meredakan sakit gigi dan gusi.

Senyawa lain yang terkandung di dalamnya adalah sinamaldehid yang berfungsi sebagai antipembekuan darah dan pencegah penyumbatan pembuluh darah.

Baca: Sudah Tahu 5 Jenis Rempah-rempah Pembangkit Gairah Bercinta?

2. Kunyit, si penangkal sakit hati

Senyawa kurkumin membuat kunyit dapat menghambat pertumbuhan dan mematikan potensi sel tumor. Kunyit juga bersifat anti-inflamatori (mencegah pembengkakan pada luka) dan antioksidan, serta mampu berfungsi sebagai hepatoprotektor atau pelindung organ hati.

Baca: 6 Ramuan Sederhana dari Rempah untuk Kebugaran

3. Segelas teh serai saat stres

Selain wangi, zat citral berkhasiat sebagai anti-mikroba (anti bakteri dan jamur), sehingga bisa membantu pengobatan infeksi pada lambung dan usus. Senyawa lain yang terkandung dalam serai adalah geranial, geranil butirat, lomonen, eugenol, dan metileugenol.

Bila digunakan sebagai aromaterapi, minyak serai mampu menyegarkan tubuh, mengurangi sakit kepala serta kelelahan saraf dan stres. Serta membuat wajah terlihat segar kembali. Minyak atisiri dalam serai juga memegang peranan penting sebagai pereda radang tenggorokan saat influenza.

Baca: Tak Perlu Vitamin, Ini 10 Makanan yang Bikin Tubuh Lebih Fit dan Berenergi

4. Cegah bakteri dengan cengkeh

Para ahli mikroniologi menemukan bahwa cengkeh dapat menghambat pertumbuhan sejumlah bakteri. Bila dicampur dengan bawang putih, cengkeh mampu membunuh bakteri, karena mengandung eugenol yang bersifat antiseptik dan anestetik.

Minyak cengkeh yang mengandung atsiri (eugenol, beta-kariopilen, vanillin dan asam krategolat) biasa digunakan sebagai aroma terapi dan mengobati sakit gigi. Senyawa kimia lain yang baik untuk kesehatan, yaitu tannin, flavonoid, dan terpenoid.

Senyawa-senyawa tersebut mampu meningkatkan fungsi saluran pencernaan dengan pengeluaran enzim-enzim pencernaan sehingga meringankan kerja pencernaan.

Masih ragu menggunakan bahan alami untuk meredakan berbagai gejala penyakit? Tepis jauh-jauh dan coba manfaatkan 4 rempah-rempah tadi, yuk!

Alvin Dwipayana

Kontributor Nova.id