Ingat, Kosmetik Hanya Boleh Digunakan 6 Bulan

By nova.id, Kamis, 9 Februari 2017 | 04:15 WIB
Makeup Segar Natural dengan Aplikasi Kosmetik di Bagian Mata (nova.id)

Seringkali muncul keraguan,kosmetik yang digunakan sudah berapa lama dibuka dari kemasannya? Masih layak pakaikah? Ternyata, kosmetik sebaiknya hanya digunakan 6 bulan setelah kemasannya dibuka.

“Sebaiknya, kosmetik digunakan maksimal 6 bulan saja setelah dibuka daKosmetik hanya boleh digunakan 6 bulan saja sejak kemasannya dibuka,” terang dr. Yunia Irawati Sp.M(K)., kepada Nova.id di FKUI, Salemba, Jakarta Pusat.

Baca: Waspada, Ada Zat Penyebab Alergi di Makeup Anda

Sekalipun tanggal kadaluarsanya masih lama, tapi kalau sudah dibuka, sangat mungkin terkontaminasi dengan udara yang mengandung bakteri. Sehingga, bukan tak mungkin akan menyebabkan masalah kulit sampai alergi.

Yang tak kalah penting adalah memastikan kebersihan wajah setelah menggunakan makeup. Utamanya riasan di sekitar mata, seperti eye liner, eye shadow, atau bulu mata palsu.

Baca: Cegah Alergi Kulit, Ini 6 Langkah Tepat Bersihkan Sisa Makeup

Kosmetik menggunakan bahan kimia yang bisa saja menimbulkan reaksi di kulit. APalagi area sekitar mata sangat sensitif. Kalau tidak segera dibersihkan, tidak menutup kemungkinan terjadi iritasi, alergi, bahkan komplikasi pada mata

Selain itu, yang tak kalah penting adalah membersihkan kuas yang digunakan untuk makeup. Segera bersihkan tiap kali terlihat kotor. Kuas yang kotor menjadi tempat yang nyaman untuk bersarang bakteri penyebab iritasi.

Baca: Cara Membersihkan Kuas Makeup

Menda Clara Florencia/Nova.id