Radang di Kelopak Hingga Timbul Kutu Bulu Mata, Efek Buruk Malas Bersihkan Maskara

By , Jumat, 10 Februari 2017 | 04:45 WIB
#29CaraCantik: Bulu Mata Lentik Tanpa Rontok Untuk Wajah Cantik Dramatis (Nova)

Merias wajah demi membuat penampilan semakin sempurna dan cantik tentu sah-sah saja. Asalkan jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan wajah setelah mengaplikasikan kosmetik. Jika tidak, bukan tak mungkin hal ini justru menjadi bumerang bagi kesehatan kulit Anda.

Seperti yang kita ketahui, jarang membersihkan wajah usai bermakeup bisa merusak kulit. Selain timbul jerawat, area sekitar mata pun ikut bermasalah, contohnya akan timbul tungau, atau hewan kecil yang bersemayam di area bulu mata. Ih, mengerikan bukan?

Baca: Hiii... Ini Efek Buruk yang Terjadi Jika Seharian Memakai Lensa Kontak

Hal ini turut dikatakan dr. Liliani Wahyu, SpM, ia mengaku sering sekali menemukan pasien dengan keluhan mata berair atau kelopak mata meradang. Ternyata, ini disebabkan adanya binatang kecil yang tumbuh di kelopak mata.

Baca: Iritasi dan Kanker, Efek 10 Bahan Kimia Berbahaya dalam Make Up

"Jadi sering kita dapati pasien datang dengan kondisi kurangnya menjaga kebersihan, yah. Misalnya lem bulu mata, sering kan. Itu harus bersih, karena kalau nggak bisa berair meradang di bagian kelopak mata. Kemudian, kebersihan, kalau nggak bersih akan ada ketombe di bulu mata, seperti rambut aja. Jadi kalau nggak bersih akan ada kutu. Sering saya dapetin pasien ada kutu di bulu mata," ungkap dokter Liliani pada Nova.id

Baca: Bulu Mata Laba-laba, Tren Kecantikan Pengganti Bulu Mata AntiBadai

Untuk menghindari tungau atau hewan kecil tumbuh dibagian mata. Dr. Liliani menyarankan tetap menjaga kebersihan dengan rutin. Namun, jika hal ini sudah terjadi, baiknya pasien langsung mengunjungi rumah sakit terdekat, dan segera periksa mata anda agar tidak terjadi hal yang lebih buruk lagi pada mata anda.

Baca: Cek Masa Kadaluarsa Kosmetik Anda!

"Itu kalau jaman dulu biasanya dibersihin pake bensin. Kalau sekarang nggak gitu. Biasanya kalau ada pasien kayak gitu saya keramasin. Pake sampo bayi, bulu matanya, yah, yang dikeramasin, dibersihin. Kalau ada infeksi kita kasih salep. Tapi tetap harus konsultasi kedokter, agar ada tindakan lebih lanjut," sarannya.