Ternyata, Bukan Hanya Daun Katuk yang Bisa Perlancar ASI, Makanan Ini Juga

By nova.id, Selasa, 14 Februari 2017 | 03:00 WIB
Puting Susu Belah Dilarang Menyusui (nova.id)

Banyak informasi yang menyebutkan daun katuk bisa perlancar ASI. Tidak salah, memang. Tapi ternyata, bukan hanya daun katuk yang bisa perlancar ASI, lalu makanan apa lagi?

Baca: Tip Memperlancar Produksi ASI

Semua sayuram hijau bermanfaat untuk memperlancar ASI, jelas Dr. dr. Hinky Hindra Satari, Sp. A (K), M. TropPaed., dari RS Pondok Indah, Jakarta.

Kesalahan yang sering terjadi, ibu melulu makan daun katuk dan mengabaikan sayuran lainnya.

"Sayur-sayuran hijau itu kaya akan vitamin dan mineral. Apa pun daunnya,  itu baik. Jadi tidak hanya daun katuk yang bisa meningkatkan produksi ASI," kata dr. Hinky kepada Nova.id.

Baca: Tahap Tahap Pijat Payudara

Dr. dr. Hinky juga mengatakan untuk mendapatkan ASI yang berkualitas, ibu perlu mengonsumsi makanan yang beragam dan bergizi seimbang. Makanan yang tinggi protein, lemak dan vitamin, juga sangat diperlukan.

"Seperti yang saya katakan tadi, harus seimbang, selaras dan serasi. Karbohidratnya harus ada, lemaknya harus ada, proteinnya harus ada, daun katuknya harus ada, buah-buahanya juga harus ada,"imbuhnya.

ASI yang baik sangat tergantung dari makanan yang dikonsumsi oleh ibu. Makanan yang proporsional akan membuat kualitas ASI semakin baik dan produksinya pun berlimpah.

Baca: Rupa-rupa Baju Menyusui Hati Senang ASI Pun Lancar

Menda Clara Florencia/Nova.id