Sebaiknya, Ajarkan Anak Satu Bahasa Dulu, Atau Bisa Dua Sekaligus?

By , Kamis, 16 Februari 2017 | 05:00 WIB
Sebaiknya kenalkan dulu satu bahasa pada balita. (Nova)

Banyak orang tua yang ingin anaknya menguasai, setidaknya dua bahasa sejak usia dini. Bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Sebaiknya, ajarkan anak satu bahasa dulu, atau bisa dua sekaligus? Bagaimana pendapat ahli?

Baca: Investasi Masa Depan, Ini Untungnya Membesarkan Anak dengan Dua Bahasa

“Sebaiknya ajarkan satu bahasa dulu, bahasa Indonesia, dan bahasa lainnya bisa menyusul,” saran Dr. dr. Hinky Hindra Satari, Sp. A (K), M.TropPaed., kepada Nova.id.

Bagaimana kalau orang tua tetap menginginkan anaknya mempelajari dua bahasa sekaligus, dengan memasukkannya ke sekolah bilingual?

"Bisa saja anak menguasai beberapa bahasa, karena diajari lebih dari satu bahasa. Tapi, untuk anak-anak tertentu ada yang bisa terganggu, alias malah menyebabkan keterlambatan bicara. Meskipun sebenarnya anak usia 3 tahun bisa sampai tiga bahasa, tapi ada anak-anak yang tidak bisa belajar lebih dari satu macam bahasa," jelasnya.

Keterlambatan bicara pada anak juga dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya bahasa yang diajarkan. Memang boleh memperkenalkan lebih dari satu bahasa, namun pada anak tertentu penggunaan bahasa lebih dari satu cukup menyulitkan berbicara.

Jadi, sebelum memutuskan, orang tua bisa melihat dulu kemampuan anak. Jangan sampai keinginan ini jadi bumerang.

Menda Clara Florencia/Nova.id