Coba Malam Ini, 7 Posisi Tidur untuk Atasi Pegal dan Sakit Leher

By nova.id, Jumat, 17 Februari 2017 | 11:15 WIB
Coba Malam Ini, 7 Posis Tidur yang Bantu Atasi Pegal dan Sakit Leher (nova.id)

Padatnya rutinitas yang dijalani setiap hari membuat banyak orang mengeluh karena badan pegal, leher sakit dan berbagai penyakit lainnya. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata hal ini bisa disembuhkan secara cepat dengan memperbaiki posisi tidur?

Jadi, tidak perlu repot-repot membeli obat atau datang ke dokter untuk mengatasi masalah kesehatan Anda. Berikut cara tidur yang direkomendasikan oleh Brightside.com untuk mengatasi masalah pegal tersebut:

1. Sakit pada salah satu bahu

Punya masalah sakit pada bahu ketika bangun tidur memang tidak enak. Sebaiknya hindari tidur dengan posisi miring sebelah. Terutama tidur pada posisi yang dapat menindih lambung Anda. Posisi terbaik yang dapat mengurangi keluhan bahu yang sakit yakni dengan tidur dalam posisi terlentang.

Caranya, dengan meletakkan bantal tipis (bantal ortopedi) di bawah kepala Anda. Kemudian, taruh bantal tipis lainnya dan letakkan di atas perut sambil memeluk bantal tersebut. Hal ini akan membuat bahu berada pada posisi yang benar dan stabil.

2. Sakit punggung

Sakit punggung dapat diatasi dengan cara memperbaiki posisi tidur Anda agar tulang belakang dapat lurus sesuai bentuknya. Caranya yakni dengan tidur terlentang dan menempatkan bantal di bawah lutut. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengembalikan bentuk tulang belakang secara alami dan mengurangi ketegangan pada tendon.

Anda juga bisa menempatkan gulungan handuk kecil pada daerah bawah tulang punggung sebagai pendukung tambahan. Namun, bila tidak suka tidur dengan posisi terlentang dan lebih suka tidur miring, Anda bisa mengambil posisi seperti janin saat ada dikandungan.

Caranya yakni dengan menarik lutut ke dekat dada dan pastikan bahwa tulang punggung melengkung. Kemudian, taruh bantal diantara dua lutut. Posisi ini akan membantu mengurangi rasa sakit pada punggung.

3. Agar bisa tidur bagi yang insomnia

Keluhan lain yang sering dirasakan yakni insomnia atau gangguan sulit tidur. Singkirkan alat-alat elektronik mulai sekarang! Sebab cahaya yang keluar dari alat elektronik dapat memengaruhi siklus tidur. Lebih baik lakukan kegiatan seperti membaca buku atau novel.

Selain itu, hindari mengonsumsi kopi atau makanan yang mengandung kafein sebelum tidur, setidaknya 6 jam sebelum tidur. Anda juga disarankan untuk melakukan pemanasan atau olahraga ringan setiap pagi dan sore. Hal ini akan sangat membantu untuk memulihkan siklus tubuh, melancarkan sirkulasi darah, dan membantu tidur lebih cepat.

4. Suka terbangun di malam hari

Apabila Anda suka terbangun di malam hari, cara mudah yang harus Anda lakukan yakni dengan berhenti menggunakan gadget Anda sebelum tidur. Gadget dapat mengganggu siklus tidur Anda. Kemudian, Anda juga harus mengecek temperatur pada kamar Anda. Sebab, suhu ideal untuk bisa terlelap tidur yakni 20-220C.

5. Tidak bisa bangun meskipun ada alarm

Setiap orang pasti mengalami hal ini, yakni tidak bisa bangun meskipun alarm sudah banyak berbunyi. Ternyata untuk mengatasi hal ini caranya sangat mudah, yakni dengan men-set alarm untuk waktu yang sama setiap harinya.

Hal ini akan membantu tubuh Anda terbiasa merespon untuk bangun pada jam yang sudah Anda tentukan.

6. Mendengkur

Apabila Anda suka mendengkur, sebaiknya hindari tidur dalam posisi terlentang. Dalam posisi ini, jaringan tenggorokan dan lidah Anda berada dalam satu tempat yang menyebabkan jalan nafas semakin sempit.

Anda juga harus memilih bantal, karena bantal yang terlalu lembut dapat membuat kepala Anda miring ke belakang sehingga akan meningkatkan potensi untuk mendengkur. Sebaiknya gunakan bantal tambahan atau tinggikan kepala Anda saat tidur. Hal ini untuk mencegah lidah Anda jatuh ke atas tenggorokan. Anda juga bisa mensiasatinya dengan tidur dalam posisi miring.

7. Kram kaki mendadak

Anda tentunya pernah mengalami kram mendadak saat sedang terlelap tidur, bukan? Ternyata hal ini disebabkan oleh beberpa penyakit yang ada dalam tubuh, lo, seperti kerusakan saraf. Cara terbaik bila kram kaki terjadi yakni regangkan otot betis.

Anda juga bisa mencegahnya dengan sering melakukan yoga atau memijat kaki sebelum tidur. Jangan lupa juga untuk melakukan olahraga secara teratur, ya.

Selamat mencoba!

Laili Ira Maslakhah/NOVA.id