Jatuh Picu Kanker Tulang, Benarkah?

By nova.id, Jumat, 17 Februari 2017 | 06:30 WIB
Penderita kanker tulang yang telah mengalami kerusakan di tulangnya sehingga mudah terjatuh. (nova.id)

Ada mitos yang menyebutkan seseorang yang terjatuh bisa memicu kanker tulang. Benarkah?

Sebenarnya, tidak ada hubungan antara terjatuh dengan kanker tulang. Namun, saat terjatuh peristiwa tersebut 'membangunkan' sel kanker tulang yang sudah ada di tubuh penderita.

"Mitos itu tidak benar. Kanker tulang tidak ada hubungannya dengan terjatuh, “ jelas dr. Rahyussalim Sp.OT(K) kepada nova.id.

Baca: 4 Gejala Kanker Tulang yang Sulit Dideteksi

Kanker tulang ditandai dengan rasa sakit di kaki ketika berjalan atau nyeri pada lengan saat mengangkat benda berat. Rasa sakit menjadi sering bila kanker tumbuh.

Pada beberapa kasus, kanker tulang dapat menggerogoti tulang hingga akhirnya patah. Ini yang juga sering dikaitkan dengan mitos jatuh picu kanker tulang.

Padahal, kondisi sebenarnya orang tersebut adalah penderita kanker tulang yang telah mengalami kerusakan di tulangnya sehingga mudah terjatuh, dan seakan-akan karena jatuh itu ia didiagnosa kanker tulang.

Jadi, yang harus dilakukan saat terjatuh adalah segera  perhatikan perubahan pada lokasi luka. Apakah terjadi pembengkakan, luka menganga atau patah tulang? Untuk memastikannya dan mendapat penanganan yang tepat, segera konsultasikan ke dokter.

Menda Clara Florencia/Nova.id