#29CaraSehat: 7 Gerakan Stretching di Kantor Ini Mampu Hilangkan Pegal-pegal

By Ade Ryani HMK, Senin, 20 Februari 2017 | 09:30 WIB
#29CaraSehat: 7 Gerakan Stretching di Kantor Ini Mampu Hilangkan Pegal-pegal (Ade Ryani HMK)

Tuntutan pekerjaan yang mengharuskan kita duduk lama di depan komputer seharian sudah tentu berefek negatif bagi tubuh. Bukan hanya mata yang terasa pegal, tapi juga punggung dan leher menjadi kaku dan tegang akibat postur tubuh yang tak bagus saat duduk.

Padahal, jika rasa tak nyaman ini dibiarkan terus-menerus mampu menguras energi dan menurunkan semangat untuk bekerja.

Cegah, yuk, dari sekarang! Caranya dengan melakukan sejumlah gerakan stretching sederhana ini setiap hari. Dijamin, badan akan tetap bugar dan pikiran lebih fresh meski jam pulang kantor masih lama.

Mari ikuti langkah-langkahnya:

1. Wrist release

 Duduk di kursi sambil menggunakan tangan kiri untuk menekan ujung-ujung jari kanan ke bawah selama beberapa detik. Tahan beberapa detik dan lakukan pada tangan kanan juga.   

Baca: Sering Flu Saat di Kantor? Hati-hati Terkena Sick Building Syndrome

 

2. Stretching

Duduk tegak dengan kaki bersila lalu kaitkan jemari di atas kepala dengan telapak tangan menghadap ke atas, kepala dalam posisi relaks dan mata terpejam. Dorong tangan secara perlahan ke atas sambil bernapas secara normal. Tahan selama 30 detik. Ulangi gerakan ini sebanyak tiga kali.

3. Half Neck Rotation

Posisi duduk bersila dengan kaki, bahu, dan lengan dalam keadaan santai, lanjutkan dengan miringkan kepala ke kanan lalu putar kepala secara perlahan ke arah bawah hingga menyentuh bahu kiri. Lakukan gerakan serupa dengan arah  yang berlawanan dan ulangi sebanyak tiga kali.

Baca: 9 Gerakan Kencangkan Bokong dalam Waktu Singkat yang Bisa Dilakukan di Kantor

 

4. Side Stretch

Berdiri dengan kedua kaki merapat dan kedua tangan berada di samping tubuh. Ambil napas, angkat kedua tangan lurus di atas kepala. Genggam tangan kanan dengan tangan kiri. Miringkan tubuh kek kiri. Lakukan sebaliknya pada tangan kiri. Usahakan dagu tetap terangkat.

5. Shoulder Stretch

Lebarkan kaki sejajar pinggul. Kaitkan kedua jemari tangan di belakang punggung. Sambil tarik napas, tarik kedua bahu ke belakang. Kedua tangan harus tetap terkait, ya. Dan jaga agar tetap lurus di belakang punggung. Pose ini membantu punggung agar tidak terlihat bungkkuk.

6. Seated Pidgeon

Duduklah di ujung kursi. Perlahan angkat betis dan taruh di atas paha kiri. Lenturkan kaki kanan. Tekanan tangan kiri ke dalam telapak kaki kanan. Lakukan pada kaki yang satu lagi. Cara ini ampuh mengurangi rasa pegal dan nyeri di punggung bawah maupun pinggul.

Baca: Ingin Lebih Produktif, Saatnya Merapikan Meja Kerja

 

7. Seated Twist

Duduk di kursi dengan memanjangkan tulang belakang dan posisi kedua kaki mantap menjejak lantai. Ambil tarikan napas dan pada hembusan napas, putar tubuh bagian atas Anda ke sisi berlawanan (misal, putar tubuh bagian kiri mengarah ke kanan) dari ujung tulang belakang Anda, sambil menggenggam sandaran lengan kursi. Buat beberapa kali hitungan napas selama beberapa saat, kemudian putar balik ke sisi satunya.

Pose peregangan ini membantu meringankan ketegangan pada punggung akibat membungkuk dan duduk terlalu lama, juga membantu memperlancar sistem pencernaan tubuh.