Sering Mengalami Perdarahan pada Gusi? Ini Penyebabnya!

By nova.id, Selasa, 21 Februari 2017 | 10:00 WIB
Orang Dewasa Sebaiknya Gosok Gigi dengan Sikat Gigi Bayi (nova.id)

Sering mengalami perdarahan pada gusi? Jangan abaikan begitu saja. Gusi yang mengalami perdarahan bisa terjadi karena banyak faktor, mulai dari kelainan pada gusi hingga kelainan yang bersifat sistemik atau meliputi seluruh tubuh.

Menurut drg. Eri Wishwa Dewi, Sp.KG., spesialis konservasi gigi di RS Jogjakarta International Hospital, perdarahan gusi bisa terjadi karena adanya peradangan di area gusi.

Peradangan tersebut bisa disebabkan karena kurang bersih dalam menyikat gigi atau karena terdapat karang gigi.

Kekurangan vitamin C juga banyak diketahui sebagai salah satu penyebab terjadinya perdarahan pada gusi. Maka, jangan sampai asupan vitamin C ke tubuh kita tidak mencukupi.

Baca: Mitos dan Fakta Soal Gigi

“Gangguan penyakit sistemik yang bermanifestasi ke gusi juga bisa menyebabkan perdarahan gusi, misalnya turunnya trombosit,” jelas drg. Eri kepada NOVA.id.

Agar terhindar dari perdarahan di area gusi kita, ada beberapa solusi yang bisa dilakukan.

Pertama, menyikat gigi dengan baik dan benar. Menyikat gigi juga baik dilakukan dua kali dalam sehari, saat setelah sarapan dan saat sebelum tidur.

Kedua, rajin membersihkan karang gigi. Karang gigi yang menempel tentunya akan menyebabkan peradangan dan perdarahan pada gusi. Maka, rajin merawat gigi dan mengunjungi dokter gigi kepercayaan kita setidaknya enam bulan sekali.

Baca: Pertolongan Pertama Saat Gusi Berdarah pada Ibu Hamil

Ketiga, seperti yang telah disebutkan tadi, perbanyak konsumsi buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk dan kiwi.

Yuk, kita rawat kesehatan gigi dan hindari perdarahan gusi!

Dionysia Mayang/NOVA.id