Keibuan, Begini Reaksi Spontan Iriana Jokowi Saat Melihat Murid PAUD Menangis

By Ade Ryani HMK, Rabu, 22 Februari 2017 | 06:00 WIB
Keibuan, Begini Reaksi Spontan Iriana Jokowi Saat Melihat Murid PAUD yang Menangis di Karanganyar (Ade Ryani HMK)

Melihat tingkah laku anak-anak yang polos dan menggemaskan, tentu membuat semua orang dewasa terhibur. Namun, saat melihat ada anak yang menangis, naluri seorang perempuan pasti bereaksi spontan untuk menenangkannya. Begitu juga yang dilakukan Ibu Negara Iriana Jokowi saat melakukan kunjungan kerja ke Karanganyar, Jawa Tengah, Selasa (21/2/2017).

Saat meninjau PAUD Terpadu Assalam Munggur yang berlokasi di Kecamatan Mojogedang, Iriana bersama rombongan memasuki salah satu kelas berisi para murid yang sudah menantinya.

Baca: Di Balik Penampilan Iriana Jokowi

Setelah bersalaman dengan salah satu murid, Iriana tampak membagi-bagikan buku tulis bewarna merah putih. Tak lama, salah satu guru memimpin para murid untuk menyanyikan sejumlah lagu anak. Tapi, ada 2 murid yang tiba-tiba menangis keras.

Melihat itu, Iriana lalu memanggil keduanya. Seorang guru lalu menggendong satu murid laki-laki tersebut. Dengan penuh kasih, Iriana spontan menggendong anak tersebut agar tangisnya mereda. Sementara pada murid perempuan yang juga menangis, Iriana mengajaknya duduk.

Sambil terus menenangkan sang bocah, Iriana ikut duduk membaur bersama para murid yang sedang mendengar dongeng singkat dari gurunya. Reaksi spontan Iriana yang sungguh keibuan ini mengingatkan kita seakan beliau sedang menenangkan cucunya yang menangis, ya.

Dan tak lama kemudian, beliau beranjak ke bagian kelas yang lain dimana Kepala Sekolah PAUD, Warti, menjelaskan proses belajar yang berlangsung. Tinjauan kali ini tak hanya melihat cara ajar di dalam kelas, tapi juga kegiatan esktrakurikuler yang dimiliki PAUD.

Baca: Komentar Iriana Jokowi Atas Kelahiran Sang Cucu

Sebelum pulang, Iriana dan rombongan disuguhkan penampilan marching band dari para murid. Melihat kekompakan mereka, Iriana pun menunjuk salah satu anak seraya memuji penampilannya.

“Bagus banget yang itu,” katanya pada Ibu Wakil Presiden, Mufidah Jusuf Kalla Mufidah yang berada di sebelahnya.

Ketika lagu selesai dimainkan sejumlah bingkisan berisi pensil warna, buku gambar, buku cerita, buku tulis, dan alat peraga bermain pun diberikan untuk 104 siswa di PAUD tersebut.

Kunjungan Iriana dalam satu hari ini terbilang padat karena tak hanya di PAUD, bersama para istri menteri yang tergabung dalam OASE KK (Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja), beliau masih mengunjungi 4 tempat lainnya.