Tanam Durian Matahari, Iriana Jokowi Doakan Ini di Depan Petani

By Ade Ryani HMK, Rabu, 22 Februari 2017 | 08:15 WIB
Tanam Durian Matahari, Iriana Jokowi Doakan Ini di Depan Petani (Ade Ryani HMK)

Durian merupakan buah unggulan di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Selain rasanya yang lezat, keistimewaan lain pohon buah ini yakni mampu menyimpan cadangan air serta menahan struktur tanah untuk mengurangi erosi.

Dalam kunjungan kerja Ibu Negara Iriana Jokowi bersama Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (Oase KK) pada Selasa (21/2/2017), sebanyak 250 bibit pohon durian lokal ditanam di area sabuk hijau (greenbelt) Waduk Gondang, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Kedatangan Iriana disambut hangat oleh warga sekitar dan puluhan petani yang sudah menantinya. Siang itu, Iriana melakukan penanaman pohon durian dengan jenis bibit matahari yang usianya sudah sekitar 1,5 tahun.

Sebelum menanam, Iriana sempat bertanya pada petugas berapa lama pohon durian tersebut berbuah. Mengetahui buah favorit sang suami (Presiden Jokowi) tersebut butuh waktu sekitar 4 tahun lagi untuk dipanen, Iriana pun memanjatkan doa ini seraya mengambil bibit durian yang akan ditanam.

“Bismillahirrahmanirrahim, semoga tumbuh subur, buahnya banyak. Nanti kalau panen jangan lupa undang kami lagi ya,” kata Iriana seraya meratakan tanah di sekitar pohon dengan bantuan sekop.

Tak lama setelahnya, Iriana juga menyapa para petani yang ada di sekitar Waduk Gondang. Waduk yang dibangun pada 2014 dan ditargetkan selesai pada 2018 ini menjadi upaya pemerintah untuk mengendalikan banjir dan meningkatkan pangan penduduk sekitarnya.

Berada dibawah pengerjaan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR), waduk ini nantinya berfungsi untuk menyediakan air irigasi seluas 4.680 Ha, pengendali banjir, dan konservasi Daerah Aliran Sungai (DAS) serta diharapkan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.