Jangan Biasakan Mengucek Mata, Ini Bahayanya!

By nova.id, Rabu, 22 Februari 2017 | 08:30 WIB
10 Penyebab Mata Kering dan Cara Mengatasinya (nova.id)

Seringkali mata terasa gatal akibat paparan debu dan angin. Seringkali tindakan pertama yang dilakukan adalah mengucek mata untuk meredakan rasa gatal. Ternyata mengucek mata tidak disarankan. Ini bahayanya.

Sebenarnya mengucek mata bukan meredakan rasa gatal, tapi justru membuat masalah baru pada mata. Khususnya mereka yang memiliki riwayat alergi, sensa gatal semakin menjadi.

Baca: Penyebab awal benjolan mata yang terasa gatal

"Kalau kucek mata karena gatal justru orang alergi, makin gatal jadinya," jelas dr. Yunia Irawati Sp.M(K)., kepada Nova. id.

Selain membuat sensasi gatal semakin terasa, ternyata kebiasaan mengucek mata akan membuat kornea lecet, bahkan luka. Fatalnya, aktivitas mengucek mata akan mengubah bentuk lengkung kornea mata.

"Malah iritasi korea bisa lecet dan terluka. Bisa merubah lengkungan kornea," imbuhnya.

Baca: 8 Ragam Penyakit Mata

Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk mengehentikan rasa gatal tanpa mengucek mata?

Kompres mata dengan air dingin atau air es. Caranya, ambil kapas steril lalu celupkan ke air dingin yang matang. Kemudian tempelkan pada kelopak mata. Nikmatilah sensasi dingin yang menyegarkan dan rasa gatal mereda.

Secara alami sebenarnya mata sudah mempunya mekanisme untuk mengurangi rasa gatal, yak ni dengan keluarnya air mata untuk membersihkan kotoran yang menempel penyebab rasa gatal.

Menda Clara Florencia/Nova.id