Lakukan 3 Hal Ini Agar Soflens Awet dan Higienis

By , Rabu, 22 Februari 2017 | 12:15 WIB
Serba Serbi Softlens (Nova)

Soflens atau lensa kontak tak bisa dipisahkan dari kehidupan wanita modern. Namun, seringkali perawatannya tidak diperhatikan sehingga soflens kurang higienis saat digunakan dan menyebabkan iritasi. Selain itu perlakukan yang salah membuat softlens tidak awet.

Baca: Pakai Soft Lens atau Hard Lens, Mana yang Lebih Aman?

Menurut dr. Yunia Irawati Sp. M (K)., lakukan 3 hal ini supaya iritasi akibat soflens yang tidak higienis tidak terjadi:

1. Cuci Tangan

Sebelum memakai softlens, cuci tangan menggunakan sabun sampai bersih. Pastikan tidak ada sisa sabun yang masih menempel, karena bisa menyebabkan mata perih saat memakai softlens.

2. Ganti Cairan Perendam

Softlens harus berada di dalam cairam khurus (cairan solution) agar tetap bersih dan lentur. Ganti cairan perendam setiap hari agar softlens tetap higienis dan awet.

“Cairan perendam itu bisa menjadi tempat berkembangnya mikroba bila tidak diganti setiap hari. Makanya lebih sering diganti lebih bagus.”

3. Gantilah Wadah Secara Berkala

Wadah untuk menyiman softlens juga perlu diperhatikan. Meski terkesan sederhana, kebersihan wadah tak kalah pentingnya. Bersihkan dan ganti wadah softlens secara berkala.

Baca: Keseringan Pakai Eyeliner dan Softlens, Mata Gadis Cantik Ini Harus Dioperasi Karena Benjolan

Menda Clara Florencia/Nova.id