4 Penyakit Mengintai Wanita Akibat Hipertensi

By nova.id, Kamis, 23 Februari 2017 | 10:30 WIB
Hipertensi Gejalanya Sering Tak Disadari (nova.id)

Wanita memiliki faktor risiko terserang hipertensi yang lebih tinggi dibanding pria. Penyebabnya adalah turunan, lingkungan, dan hormonal. Berikut 4 penyakit yang mengintai wanita akibat hipertensi:

Baca: Usia Muda, Perlukah Mewaspadai Hipertensi Sejak Dini?

1. Gagal Jantung

Jantung adalah organ terpenting untuk memompa darah ke seluruh tubuh kita. Bila tekanan darah tinggi, otomatis otot jantung akan bekerja beberapa kali lipat lebih keras untuk memompa darah.

Akibat 'kerja keras' tersebut otot jantung itu dapat menyebabkan gagal jantung, yang bisa berakibat fatal yaitu kematian. Tak sedikit penderita hipertensi yang mendadak meninggal gagal jantung.

2. Gagal Ginjal

Secara garis besar mirip seperti gagal jantung. Ginjal adalah organ ekskresi yang berfungsi menyaring 'kotoran' dari darah. Akibat tekanan darah yang tinggi, dinding pembuluh darah di ginjal berubah menjadi tebal dan kaku.

Jika otot ginjal menebal dan kaku tahap yang akan terjadi adalah gagal ginjal. Bila ini terjadi, maka penanganannya adalah dengan melakukan cuci darah atau hemodialisa berkala.

3. Demensia

Awam menebutnya dengan istilah pikun. Namun secara jika diartikan secara ilmiah demensia adalah sindrom penurunan fungsi kognitif. Demensia bisa bersifat kronos atau progresif. Tak jarang saat usia lanjut wanita yang mengalami hipertensi sering mengalami gangguan kognitif seperti pikun.

4. Stroke

Tekanan darah yang tinggi akan mempengaruhi pembuluh darah di otak. Otak adalah organ yang mengatur seluruh keseimbangan tubuh.

Tekanan darah yang begitu tinggi dapat mempengaruhi pembuluh darah tersebut. Tidak menutup kemungkinan pembuluh darah pecah sewaktu-waktu. Pada kondisi inilah stroke terjadi.

Baca: 6 Kiat Menurunkan Hipertensi Secara Alami

Menda Clara Florencia/Nova.id