Tubuh Lelah Tapi Susah Tidur? Lakukan 6 Hal Ini

By Dionysia Mayang, Kamis, 23 Februari 2017 | 11:15 WIB
Awas! Terlalu Sering Diet Sebabkan Susah Tidur (Dionysia Mayang)

Bagaimana tidur Anda setiap malam? Nyenyak, atau sulit terpejam meski telah larut malam?

Seringkali, setelah menjalani aktivitas yang panjang dan melelahkan, kita malah sulit terlelap. Sulit tidur di malam hari membuat kita bangun dalam kondisi badan tak segar. Padahal, kondisi demikian membuat kita tak produktif di hari tersebut.

Baca: Efek Kurang Tidur yang Memengaruhi Produktivitas

Nah, menurut W. Chris Winter, M.D., penulis The Sleep Solution: Why Your Sleep is Broken and How to Fix It, ada beberapa cara yang membuat kita mudah terlelap.

1. Tak Perlu Paksakan

Ketika tubuh tak bisa berbaring nyaman di atas kasur, seringkali kita memikirkan banyak hal. Mulai dari rencana hari esok hingga memikirkan cara gar bisa tidur nyenyak. Tahu tidak, sebenarnya cara itu salah. Yang lebih penting adalah biarkan tubuh relaks tanpa perlu banyak berpikir.

Mau makin relaks? Jangan lupa untuk membiasakan diri memiliki pola tidur yang baik dan rajin berolahraga.

2. Matikan Lampu

Sadar tidak, kita sering merasa semakin lelah beraktivitas ketika sore hari, tapi lebih bersemangat ketika matahari baru muncul? Itu adalah bukti bahwa tubuh sebenarnya mempunyai sistem alarm sendiri, kata Winter. Coba matikan lampu kamar di malam hari agar tidur jadi lebih nyenyak.

Baca: Wow, Tidur dengan Lampu Dimatikan Bisa Bikin Awet Muda!

3. Mandi Air Hangat

Kita bisa mencoba mandi air hangat sekitar 30 menit hingga 1 jam sebelum tidur. Cara ini membantu mata lebih mudah terlelap, lo. Coba atur temperatur air sekitar 82 derajat. Air hangat akan membantu tubuh untuk relaks setelah lelah beraktivitas seharian.

4. Gunakan Kaos Kaki

Mengenakan kaos kaki hangat dan berbulu halus tak hanya membuat kita nyaman, lo. Kaos kaki hangat juga membantu menghangatkan kaki, membantu aliran darah dari kaki agar jadi lancar, dan mengirimkan sinyal ke otak untuk segera tidur.

Baca: 5 Mitos Soal Tidur Siang yang Masih Dipercaya Banyak Orang

5. Melamunkan Hal-hal Lain

Daripada memikirkan betapa susahnya tidur kita atau hal-hal yang membuat kita stres, lebih baik memikirkan sesuatu yang menyenangkan. Sah-sah saja kok, selama tidak membebani pikiran kita.

6. Atur Nafas

Penelitian membuktikan, dengan konsentrasi pada nafas akan membantu kita untuk tenang dan mudah terlelap. Fokus pada nafas juga membantu kita terhindar dari insomnia, lo.

Baca: Jangan Acuhkan Masalah Anak Susah Tidur, Ini Dampaknya!

Untuk malam ini, mana yang akan Anda coba?

Dionysia Mayang/NOVA.id

Sumber : www.womenshealthmag.com