Kisah Inspiratif Bette Nash, Pramugari 81 Tahun Tetap Mengudara

By nova.id, Minggu, 26 Februari 2017 | 03:00 WIB
Bette Nash pramugari senior di maskapai American Airlines yang berusia 81 tahun (nova.id)

Presiden Amerika Serikat boleh berganti-banti. Namun, Bette Nash tetap mengudara sebagai pramugari.

Dengan usianya yang sudah 81 tahun, kini Bette merupakan pramugari wanita tertua dan masih aktif meski presiden AS sudah berganti 12 kali.

Memulai karier sebagai pramugari pada usia 21 pada 4 November 1957, ia bergabung dengan Eastern Airlines, yang kini telah bermetamorfosa menjadi American Airlines.

Saat pertama kali Bette menjadi pramugari pada tahun tersebut, Dwight Eisenhower masih menjabat sebagai Presiden AS. Harga tiket pesawat saat itu pun masih sekitar 12 dollar AS sekali jalan, dan tidak perlu melakukan reservasi sebelum mengudara.

Meskipun kini usianya tak lagi muda, Bette masih produktif bekerja dan melayani penumpang pesawat American Airlines. Terhitung saat pertama kali ia menjadi pramugari, artinya saat ini ia telah bekerja di profesi itu selama hampir 60 tahun. “Hal yang paling saya sukai adalah membantu penumpang. Pekerjaan ini meposisikan saya sebagai orang yang memberikan mereka perhatian dan kebaikan,” ungkap Bette seperti dilaporkan Daily Mail.

Saat ini Bette bertugas melayani penumpang American Airlines dengan rute Washington-Boston. Dalam penerbangan, Bette biasa menyapa semua orang seakan-akan mereka (penumpang) dalam pesawat itu adalah teman lamanya.“Saya menyukai semua penumpang pesawat. Saya juga suka bertemu dengan orang baru,” kata Bette.

Ketika ditanya mengapa dirinya masih bertahan di profesi tersebut padahal usianya tak lagi muda, Wanita itu menjawab, bahwa ia dimanjakan oleh beragam fasilitas dan kemudahan untuk traveling ke berbagai tempat.

Sebagai pramugari yang sudah bekerja hampir 60 tahun, Bette telah melewati berbagai fase dan perkembangan teknologi pesawat terbang. Dahulu, ketika ia pertama kali menjadi pramugari, Bette harus selalu mengenakan sarung tangan berwarna putih. Penumpang pesawat pun dulu dibolehkan untuk merokok. “Dulu semuanya serbamanual. Kini teknologi semakin berkembang dan memberikan pengalaman baru untuk penumpang. Tentu saja bagi kami juga, para kru kabin,” terangnya.

Lalu apakah Bette memiliki keinginan untuk pensiun? “Kenapa berhenti kerja? Kerja itu menyenangkan,” pungkasnya.

Hery Prasetyo/Intisari