Presiden Jokowi Akan Sambut Raja Arab Saudi dan Rombongan di Bandara Halim Perdana Kusuma

By nova.id, Jumat, 24 Februari 2017 | 08:15 WIB
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz (nova.id)

Ada yang berbeda dari penyambutan Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud dari Arab Saudi   saat berkunjung ke Indonesia pada 1-9 Maret mendatang.

Baca : 10 Menteri dan 25 Pangeran Siap Diboyong Raja Arab Saudi Kunjungi Indonesia

Kepala Sekretariat Presiden Darmansyah Djumala mengatakan, perbedaan pertama adalah pada jumlah rombongan yang Raja Arab Saudi yang sangat besar.

Rombongan akan terdiri dari 1500 orang, termasuk 10 menteri dan 25 pangeran. "Jumlah mereka luar biasa, sangat besar. Kayaknya terbesar selama ini. Dari jumlah sudah beda," kata Djumala saat dihubungi Kompas.com, Jumat (24/2/2017).

Perbedaan kedua, lanjut Djumala, adalah keputusan Presiden Joko Widodo yang langsung menjemput rombongan Raja Salman di Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta. "Presiden jokowi menyambut langsung di pesawat. Ini jarang. Baru kali ini," kata Djumala.

Djumala mengatakan, keputusan Jokowi untuk menjemput langsung Raja Salman di Bandara dilandasi hubungan yang baik antara kedua kepala negara.

Saat Jokowi berkunjung ke Arab Saudi pada September 2015 lalu, Raja Salman juga menjemput langsung di Bandara International King Abdul Azis.

"Penyambutan beliau waktu di Arab kemarin itu sangat friendly, sangat ramah. Sebagai azas resiprositas (timbal balik), Pak Presiden juga akan menyambut secara khusus," ucap Djumala.

Ihsanuddin/Kompas.com