Salah Pilih Kosmetik Sebabkan Jerawat, Ini 4 Langkah yang Harus Dilakukan

By nova.id, Minggu, 26 Februari 2017 | 08:30 WIB
Bahan Aktif Ini Diklaim Ampuh Atasi Jerawat Dalam 3 Hari (nova.id)

Kesalahan memilih kosmetik dan alergi seringkali menjadi timbulnya jerawat. Selain itu sisa riasan dan kotoran yang tidak dibersihkan secara sempurna juga dapat menyumbat pori sehingga terjadi komedo dan peradangan.

Baca: 6 Langkah Hilangkan Jerawat Dalam Waktu 12 Jam Saja

Berikut empat langkah yang dapat diterapkan untuk mendapatkan wajah halus bebas jerawat.

1. Kosmetik bertekstur pekat, seperti krim pelembap dan fundation, harus diangkat dengan susu pembersih khusus dan dilanjutkan dengan toner.

Ingat, sabun wajah hanya efektif untuk mengangkat debu dan minyak. Bersihkan wajah dua kali sehari, pagi dan malam hari.

2. Waspadai faktor genetis yang menurun dari keluarga seperti ukuran kelenjar minyak dan daya aktif kelenjar berproduksi.

3. Hormon dan gaya hidup berpengaruh besar terhadap kelenjar minyak. Saat hormon ini meningkat (bisa jadi akibat stres) produksi minyak jugameningkat.

Kadang-kadang diperparah dengan gaya hidup tak sehat seperti merokok, paparan polusi, dan jam tidur kurang.

4. Perhatikan asupan makanan. Hindari diet yang terlalu ketat dan tidak seimbang karena akan menjadi bumerang dan membuat kondisi hormon tidak stabil.

Secara umum makanan yang diduga berpengaruh terhadap timbulnya jerawat, adalah makanan pedas, berlemak tinggi seperti kacang daging berlemak, susu, es krim, cokelat, gula dan seafood.

Baca: Jangan Ketebalan, Ikuti 4 Cara Dandan untuk Menyamarkan Jerawat

Alvin Dwipayana

Kontributor Nova.id