Lama Tak Olahraga, Begini Caranya Memulainya Lagi

By , Rabu, 19 April 2017 | 01:00 WIB
Mana yang Bikin Badan Cepat Langsing: Olahraga Pagi atau Malam Hari? (Nova)

Penting sekali untuk mendapatkan tubuh sehat. Namun, kalau sudah lama absen, jangan langsung memaksakan diri. Begini cara memulainya lagi:

Baca:5 Jenis Olahraga yang Gampang Dilakukan dalam Waktu Singkat

1. Batasi Diri

Jika sempat absen berolahraga selama beberapa bulan, jangan paksakan diri untuk mengikuti rutinitas yang sama seperti dulu. “Butuh waktu beberapa minggu untuk kembali membangun ketahanan tubuh kita,” ungkap Ryan, pelatih kebugaran.

Ia menyarankan untuk mulai melakukan treadmill lebih dulu selama 15 menit, empat hingga enam hari dalam seminggu. “Minggu berikutnya jadi 30 menit dan minggu berikutnya naik lagi menjadi 40 menit,” ungkapnya.

2. Olahraga Sendiri

Kalau yang menjadi kendala adalah waktu, sehingga tak sempat ke pusat kebugaran, mengapa tak melakukan olahraga sendiri di rumah di antara waktu senggang? Geser semua perabotan dan pasang pilates mat. Lalu pasang DVD pilates at home dan ikuti instruksi yang diberikan.

Alternatif lain, coba gerakan-gerakan yang diajarkan beberapa situs di internet dan video tutorial.

Baca: 9 Aktivitas Harian yang Bakar Kalori seperti Olahraga

3. Berkeringat Sebelum Sarapan

Saat memulai olahraga lagi, disarankabn untuk konsumsi smoothie sehat yang mengandung buah, sayur dan susu setiap hari. Menurut penelitian, seseorang bisa membakar lemak 20% lebih efektif jika berolahraga sebelum sarapan pagi.

“Berolahraga saat perut dalam keadaan kosong, mampu memproduksi hormon yang meningkatkan metabolisme tubuh,” ungkap ahli nutrisi N.Y.C., Jeffrey Morrison.

Alvin Dwipayana

Kontributor Nova.id