Ternyata Menikah Muda Bisa Picu Kanker Payudara, Ini Penjelasannya

By , Senin, 27 Februari 2017 | 04:45 WIB
Alasan Kanker Payudara Bisa Keluarkan Bau Tak Sedap (Nova)

Kanker payudara masih menduduki peringkat pertama penyebab kematian pada wanita. Beberapa faktor disebut sebagai penyebab, di antaranya genetika dan gaya hidup yang tidak sehat.

Selain itu masih ada beberapa faktor lainnya. Yang belum banyak terungkap, menikah muda bisa picu kanker payudara. Wow!

Baca: Pemeriksaan Payudara Harus Teratur Tiap Bulan!

1. Menikah Muda

Ketua Umum YKI, Prof. Aru W. Sudoyo, MD, PhD, FINASIM, FACP., mengatakan pencetus kanker pada wanita juga disebabkan karena menikah di usia muda.

Seperti penjelasan BKKBN, usia matang untuk menikah adalah 25 tahun bagi pria dan 20 tahun bagi wanita. Menikah di bawah usia tersebut lebih besar kemungkinan terkena kanker payudara. Yang dimaksud usia muda adalah di bawah 16 tahun.

2. Tidak Melahirkan

Melahirkan adalah fase di mana hormon wanita berubah secara drastis. Fase itu justru membuat wanita terhidar dari risiko kanker payudara. Sebab, hormon yang diproduksi saat proses kehamilan bisa menangkal munculnya kanker payudara secara alami.

3. Payudara Terlalu Padat

Faktor bentuk payudara seperti ini adalah faktor yang tidak bisa diubah. Payudara padat biasanya dimiliki oleh remaja hingga dewasa muda.

Bisanya bentuk dan tekstur payudara secara alami berubah saat wanita menginjal usia 30-40 tahun. Payudara lebih terlihat kendur.

Banyak wanita yang menyesali saat bentuk payudaranya mulai berubah. Tapi ternyata payudara yang sedikit kendur justru menyelamatkan kita dari risiko kanker payudara.

Bentuk payudara yang padat dari usia muda sampai dewasa tenyata berisiko terkena kanker payudara. Kasus ini memang bawaan alami yang tidak bisa dihindari. Namun, untuk pencegahannya kita tetap bisa mendeteksi kanker sejak dini dengan cara periksa payudara sendiri.

Baca: Setelah Kanker Payudara, Yana Zein Divonis Kanker Kelenjar Getah Bening