Makan Saat Sedih Malah Bisa Bikin Sakit, Ini 4 Cara Mencegahnya

By Dionysia Mayang, Kamis, 2 Maret 2017 | 02:30 WIB
Makan Saat Sedih Malah Bisa Bikin Sakit, Ini 4 Cara Mencegahnya (Dionysia Mayang)

Pernahkah menjadikan makanan sebagai pelampiasan Anda ketika merasa sedih atau bosan? Atau, pernah memilih makan sesuatu sebagai penghilang stress? Hal semacam ini bisa disebut dengan emotional eating atau lapar hati, yaitu mengonsumsi makanan secara berlebihan karena faktor emosi yang dirasakan.

Emotional eating tentunya akan menjadi kebiasaan yang buruk bagi kesehatan bila kita tidak bisa mengontrolnya.

Menurut Anindita Citra, S.Psi., M.Psi., psikolog dari Light House Indonesia Weight Control Clinic, memang normal saja bila kita menginginkan suatu makanan, misalnya coklat agar bisa menghilangkan stres. Namun, bila berlebihan dan tidak kita kontrol tentunya akan berpengaruh buruk bagi kesehatan tubuh kita.

Baca: Sering Tiba-tiba Gagal Fokus? Itu Namanya 'Brain Fog'

Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk bisa menghentikan emotional eating.

Buat Diary

Buat catatan harian tentang kegiatan harian kita, terutama terkait pola makan. Apa saja yang kita makan, mengapa kita memilih makanan itu, atau bila merasa ada dorongan untuk mencari suatu makanan bisa kita tulis di buku catatan harian tersebut.

Dengan memiliki diary kita bisa mengidentifikasi apa sebenarnya pemicu emotional eating kita, dan selanjutnya kita bisa mengidentifikasi cara lain yang lebih sehatn

Cari Cara Lain untuk Menuntaskan Lapar Hati

Emotional eating memang selalu membuat kita harus segera mendapatkan makanan yang sedang kita inginkan untuk mengobati stress, rasa sedih, atau marah. Temukan cara lain, misalnya mengobrol dengan teman, memiliki hewan peliharaan, mendengarkan lagu, atau memasak.

Diam Sejenak

Emotional eating cenderung muncul secara otomatis dan tidak kita sadari. Coba diam sejenak saat kita sedang menginginkan suatu makanan atau saat makanan tersaji di depan kita. Setelah itu, pikirkan baik-baik apakah dengan makan saat itu memang betul-betul menghilangkan rasa lapar atau tidak.

Baca: Suka Makanan Asin? Jangan Lupa Minum Ini untuk Cegah Garam Berlebih pada Tubuh

Jalani Gaya Hidup Sehat

Untuk memiliki tubuh yang sehat caranya mudah, cukup jalani gaya hidup yang juga sehat. Perbanyak aktivitas fisik dan olahraga untuk menjaga stamina kita, juga agar mood dan energi kita selalu baik.

Selain itu stress pun juga bisa dihindari. Kemudian, beristirahatlah yang cukup. Kemudian, menghabiskan waktu bersama orang-orang yang bisa memberikan kita energi yang positif juga bisa memicu kita untuk melakukan hal-hal yang positif, lo.

Mulai sekarang, jangan biasakan emotional eating ya, agar tubuh kita selalu sehat.